Ketua DPRD Gowa “Curhat” ke Pengurus PWI


KETUA DPRD Gowa Ansar Zainal Bate (keempat dari kiri) foto bersama pengurus baru PWI Gowa-Takalar, di ruang kerjanya, Selasa, 19 Mei 2015. Dari kiri ke kanan, Abdul Rahim Beta, S Kadir Sijaya, Hasdar Sikki, Ansar Zainal Bate, Arifuddin Bella, Asruddin, Wahyudin, Asnawin Aminuddin, dan Zainuddin Tika. (ist)








---------


Ketua DPRD Gowa “Curhat” ke Pengurus PWI


Ketua DPRD Gowa Ansar Zainal Bate memanfaatkan kedatangan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gowa-Takalar  untuk mencurahkan ungkapan hatinya (curhat) mengenai pemberitaan di media massa yang kerap tidak berimbang.

“Kebetulan teman-teman datang ke sini, jadi saya mohon izin untuk curhat,” kata Ansar saat menerima kunjungan audiensi pengurus PWI Gowa-Takalar masa bakti 2014-2017, di ruang kerjanya, Selasa, 19 Mei 2015.

Politisi Partai Golkar ini mengaku hingga kini masih ada wartawan yang tidak profesional dalam menjalankan profesinya, antara lain memberitakan peris-tiwa secara tidak berimbang atau tidak sesuai dengan fakta.

Ada juga wartawan yang melakukan wawancara dengan seorang anggota DPRD Gowa, tetapi hasil wawancaranya yang muncul di media massa dicampur-baurkan antara pendapat pribadi, pendapat fraksi, atau pendapat lembaga DPRD Gowa.

“Jumlahnya tidak banyak, hanya satu dua orang, tetapi cukup mengganggu,” katanya.

Ansar berharap pengurus baru PWI Gowa-Takalar dapat melakukan pembinaan kepada wartawan, khususnya yang bertugas di wilayah kerja Gowa-Takalar, antara lain dengan mengadakan pelatihan, seminar, dialog, dan lain-lain.

Curahan hati dan harapan Ketua DPRD Gowa tersebut langsung mendapat tanggapan dari ketua dan pengurus PWI Gowa-Takalar.

“Ini informasi yang cukup menarik dan menjadi catatan bagi kami selaku pengurus PWI Gowa-Takalar,” kata Ketua PWI Gowa-Takalar, Arifuddin Bella.

Dia mengatakan, wartawan seharusnya menempuh cara-cara profesional dalam menjalankan profesinya, antara lain dengan memperkenalkan diri, menunjuk-kan identitas, dan menyampaikan maksud dan tujuan wawancara.

“Wartawan harus memahami dan menaati Kode Etik Jurna-listik, serta bekerja untuk kepentingan publik, bukan untuk kepentingan kelompok tertentu,” tandas Arifuddin.

Tentang kunjungannya ke Gedung DPRD Gowa, dia menjelaskan bahwa kunjungan audiensi tersebut dilakukan dalam rangka memperkenalkan pengurus baru PWI Gowa-Takalar masa bakti 2014-2017, sekaligus menyam-paikan rencana pelantikan dan konferensi kerja pada Juni mendatang.

Dalam audiensi tersebut, Arifuddin Bella didampingi Sekretaris Hasdar Sikki, Bendahara Asruddin, Ketua Seksi Organisasi Wahyudin, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) S Kadir Sijaya, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dan Konferensi Kerja PWI Gowa-Takalar Asnawin Aminuddin, Sekretaris Zainuddin Tika, dan Bendahara Abdul Rahim Beta.

“Pelantikan pengurus PWI Gowa-Takalar akan digelar di Takalar pada awal Juni mendatang, sedangkan Konferensi Kerja akan dilaksanakan di Gowa,” jelas Arifuddin. (kia)


-----------
@copyright Majalah PEDOMAN KARYA, Edisi 1, Vol. I, Juli 2015


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama