iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Dewi Yasin Limpo Ditangkap KPK


Pedoman Karya 7:48 PM 0


Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I, Dewi Yasin Limpo, ditangkap oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT), pada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015, sekitar pukul 18.45 WIB.




-----------


Dewi Yasin Limpo Ditangkap KPK


Makassar (Pedoman Karya), 21 Oktober 2015.
Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I, Dewi Yasin Limpo, ditangkap oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT), pada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015, sekitar pukul 18.45 WIB.

Dewi Yasin Limpo yang saat ini tercatat sebagai anggota Komisi VII (membidangi energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup) DPR RI dari Fraksi Hanura, ditangkap bersama enam orang lainnya, beserta bukti uang tunai senilai miliaran rupiah.

Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK, Indriyanto Seno Adji, yang dikonfirmasi wartawan Selasa malam membenarkan bahwa memang ada OTT dan mereka yang ditangkap telah diamankan di ruang tahanan KPK di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Indriyanti mengatakan, status hukum Dewi Yasin Limpo bersama enam orang lainnya yang turut ditangkap, akan ditentukan dalam satu kali 24 jam.

Ketua Fraksi Hanura Nurdin Tampubolon yang dimintai tanggapannya di Gedung DPR, Senayan, Selasa malam, mengatakan, sesuai mekanisme internal Partai Hanura, jika ada anggota yang kena OTT oleh KPK, maka yang bersangkutan harus mundur dari partai dan juga harus mundur sebagai anggota DPR RI.

"Kalau dia korupsi, ya dia korupsi sendiri," tandasnya.

Nurdin menyebut kasus ini laksana "badai yang harus dihadapi", namun masalah hukum harus tetap dihadapi dan pihaknya mendukung KPK bekerja mengusut kasus ini.

"Hukum yang akan menjadi panglima. Kita dukung KPK melaksanakan prosesnya," tegas Nurdin.

Profil Dewi Yasin Limpo

Dewi Yasin Limpo yang kelahiran Makasar, 11 Agustus 1959, merupakan adik kandung Syahrul Yasin Limpo, yang saat ini menjabat Gubernur Sulsel dan juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Dari perkawinannya dengan Andi Taufan Oddang (anak dari Andi Oddang, mantan Gubernur Sulsel), Dewi Yasin Limpo dikaruniai tiga anak, salah satu di antaranya bernama Tenri Gusti Harnum Natassya atau Andi Tenri Natassa yang pada 2011 keluar sebagai juara ketiga pada kontes Puteri Indonesia 2011, sekaligus Putri Indonesia Pariwisata.

Anak pasangan H Yasin Limpo – Nurhayati ini menamatkan sekolahnya mulai dari SDN Takalar (1966-1971), SMP Kartika Makassar (1973-1974), SMA Katolik Makassar (1974-1978), kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana pada STIEM Kalpataru (2005-2008).

Sebelum terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019, Dewi tercatat pernah menjabat sebagai direktur atau komisaris pada sejumlah perusahaan, antara lain Pimpinan Cabang PT Rindang Bumi Utama (2003-2014), Komisaris PT Intan Permata Timur Ind (2001-2014), Direktur PT Ciptasiar Sarana Aktual (1997-2014), Direktur PT Dewi Arung Lautan (Pbm/Ekl) (1997-2014), serta Direktur Lembaga Pendidikan Putra Jaya Bangsa (1996-2014).

Pengalamannya di organisasi juga cukup banyak, antara lain pengurus Kosgoro, Forum Organisasi Kepemudaan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan, Ardin Sulsel, Jamiyatul Islamial Sulsel, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) Makassar, Komisi Tinju Indonesia (KTI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Pemuda Pancasila, serta Gapensi.

Dengan berbagai aktivitasnya, Dewi Yasin Limpo juga telah menerima berbagai penghargaan, antara lain Penerima Pembuatan Kaddo dari Musium Rekor Indonesia (MuRI) tahun 2005, Tokoh Pemerhati Sosial dari Saloka Gowa tahun 2005, Eksekutif dan Pengusaha Indonesia Berprestasi dari Yayasan Nirwana Indonesia tahun 1996, serta 10 Tokoh, Pejabat, dan Pengusaha Kreatif Sulsel tahun 1994. (win/dari berbagai sumber)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply