iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Humas Jangan Mau Dianggap Sepele


Pedoman Karya 8:23 AM 0


PELATIH Nasional Wartawan PWI yang juga mantan Humas Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Asnawin Aminuddin, membawakan materi “Peran dan Fungsi Humas” pada Pelatihan Kehumasan yang dilaksanakan PWI Kabupaten Maros-Pangkep, di Kantor Bupati Maros, Kamis, 12 November 2015. (Foto: Solihin)





--------

Kamis, 12 November 2015


Humas Jangan Mau Dianggap Sepele

MAROS, (PEDOMAN KARYA). Humas jangan mau dianggap sepele atau dipandang enteng. Humas jangan sampai hanya dicari ketika ada masalah dengan institusi atau organisasinya. Humas jangan mau diperlakukan seperti pemadam kebakaran yang dicari dan diminta turun tangan ketika api sudah terlanjur membakar institusi melalui pemberitaan yang buruk di media massa.
Agar semua itu tidak terjadi, maka Humas harus membuat visi dan misi, serta progrm kerja yang jelas. Humas harus mampu meyakinkan pimpinannya tentang program kerja yang akan dijalankan dan kerja-kerja yang dilakukan Humas memang harus nyata dan dirasakan manfaatnya.
Pernyataan dan peringatan tersebut dikemukakan Pelatih Nasional Wartawan PWI yang juga mantan Humas Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Asnawin Aminuddin, saat membawakan materi “Peran dan Fungsi Humas” pada Pelatihan Kehumasan yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Maros-Pangkep, di Kantor Bupati Maros, Kamis, 12 November 2015.
Asnawin yang juga mengajar pada beberapa perguruan tinggi mengatakan, sering terjadi, Humas dipanggil dan dibutuhkan kehadirannya pada saat ada masalah atau krisis, tetapi dalam kondisi ‘’aman-aman saja’’, humas seolah-olah tidak dibutuhkan.
Tidak ada bedanya dengan petugas pemadam kebakaran. Humas juga kerap disalahkan jika terjadi masalah atau krisis yang berkaitan dengan publik.
“Jika Humas mengalami hal seperti itu, maka sesungguhnya Humas bersangkutan sudah gagal menjalankan fungsi dan peranannya. Berarti Humas bersangkutan tidak punya visi dan misi, serta tidak mempunyai program kerja yang jelas,” tandasnya.
.Kepada para peserta pelatihan yang terdiri atas utusan SKPD dan berbagai instansi se-Kabupaten Maros, Asnawin mengatakan, salah satu kunci sukses Humas dalam menjalankan fungsi dan peranannya adalah pengetahuan tentang pers dan kemitraan yang dibangun dengan pers/media massa dan wartawan.
“Sukses tidaknya Humas dalam menjalankan fungsi dan peranannya, akan sangat bergantung kepada strategi yang dibuat dan dijalankannya. Strategi yang dapat dilakukan oleh Humas antara lain, menjalin komunikasi atau pertemanan dengan wartawan agar mudah berkomunikasi,” kata Asnawin.
Pelatihan Kehumasan yang berlangsung sehari tersebut dibuka Bupati Maros diwakili Staf Ahli Dr Nasyaruddin Rasyid, serta dihadiri Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Pendidikan, Ismail Asnawi, Sekretaris PWI Sulsel Anwar Sanusi, Ketua PWI Kabupaten Maros-Pangkep, Irianto Amama, serta sejumlah undangan dan puluhan peserta. (kia)
 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply