iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » PWI Sulsel Bentuk Komunitas Jurnalistik Pelajar


Asnawin Aminuddin 11:58 AM 0


Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel, Asnawin, memperkenalkan wadah latar belakang dan tujuan pembentukan Komunitas Jurnalistik Pelajar, kepada puluhan pelajar SMP Negeri 3 Pallangga, Kabupaten Gowa, di Gowa, Sabtu, 7 November 2015. Perpustakaan Pers PWI Sulsel, berinisiatif membentuk Komunitas Jurnalistik Pelajar se-Sulawesi Selatan. (ist)





-----------

Senin, 9 November 2015

PWI Sulsel Bentuk Komunitas Jurnalistik Pelajar


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Perpustakaan Pers PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sulawesi Selatan, berinisiatif membentuk Komunitas Jurnalistik Pelajar sebagai wadah bagi para pelajar guna menyalurkan minat dan bakat, khususnya dalam bidang penulisan, reportase, penyiaran, dan fotografi.
“Pelajar memiliki minat dan bakat dalam bidang penulisan, fotografi, serta dalam bidang-bidang tertentu. Minat tersebut perlu disalurkan. Bakat mereka perlu dilatih dan dikembangkan. Untuk itulah, kami merasa perlu membentuk Komunitas Jurnalistik Pelajar,” kata Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel, Asnawin, kepada wartawan di Makassar, Senin, 9 November 2015.
Komunitas Jurnalistik Pelajar tersebut, katanya, dapat dibentuk pada setiap sekolah (SMP dan sekolah sederajat, serta SMA dan sekolah sederajat) atau pada tingkat kabupaten dan kota se-Sulsel.
Program dan hasil nyata yang diharapkan dari pembentukan wadah tersebut, antara lain melaksanakan pelatihan dasar jurnalistik, membentuk organisasi ekstra kurikuler (Eskul) Komunitas Jurnalistik Pelajar pada setiap sekolah lanjutan, membuat website atau blog internal sekolah, mengadakan lomba penulisan dan lomba fotografi jurnalistik, membuat bulletin, membuat majalah dinding, serta menerbitkan buku.
“Wadah ini tentu akan sangat bermanfaat bagi para pelajar, karena banyak yang bisa dilakukan, terutama untuk menyalurkan minat dan mengembangkan bakat para pelajar, khususnya dalam bidang penulisan dan fotografi,” tutur Asnawin.
Beberapa tahun lalu, katanya, PWI Sulsel juga sempat merintis pembentukan Komunitas Pers Pelajar di Kabupaten Takalar, tetapi komunitas tersebut tidak berkembang karena kurangnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Takalar, khususnya oleh Dinas Pendidikan setempat.
“Tahun ini kami mencoba membangkitkan kembali dan mengganti namanya menjadi Komunitas Jurnalistik Pelajar,” kata Asnawin.
Sebagai langkah awal, lanjutnya, Perpustakaan Pers PWI Sulsel telah memperkenalkan wadah tersebut kepada para pelajar SMP Negeri 3 Pallangga, Kabupaten Gowa, Sabtu, 7 November 2015.
“Kepala Sekolah dan Wakasek Kesiswaan SMPN 3 Pallangga sangat berterima-kasih atas rencana pembentukan wadah baru ini. Para siswa juga sangat antusias mengikuti acara pengenalan Komunitas Jurnalistik Pelajar ini,” ungkap Asnawin. (kia)
 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply