Gedung PWI Jelas-jelas Milik Pemprov Sulsel


DUA WARTAWAN senior yang juga sama-sama pernah menjadi Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yakni Hasan Kuba (kiri) dan Andi Tonra Mahie, menegaskan bahwa Gedung PWI Sulsel yang terletak di Jl AP Pettarani 31 Makassar, adalah milik Pemprov Sulsel.





------------
Kamis, 14 Januari 2016


Gedung PWI Jelas-jelas Milik Pemprov Sulsel

*Jasa HZB Palaguna Sangat Besar


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dua wartawan senior yang juga sama-sama pernah menjadi Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yakni Andi Tonra Mahie dan Hasan Kuba, menegaskan bahwa Gedung PWI Sulsel yang terletak di Jl AP Pettarani 31 Makassar, adalah milik Pemprov Sulsel.
“Gedung PWI (Sulsel) itu jelas-jelas milik Pemprov Sulsel,” kata Andi Tonra Mahie (mantan Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Kesra), kepada “Pedoman Karya”, di Makassar, Rabu, 13 Januari 2016.
Ruislag yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel terhadap Gedung PWI yang semula berlokasi di Jl Penghibur Makassar lalu dipindahkan ke Jl AP Pettarani 31 Makassar atas persetujuan DPRD Sulsel, merupakan bukti bahwa Gedung PWI Sulsel memang milik Pemprov Sulsel.
“Kalau memang PWI Sulsel yang punya, mengapa Pemprov Sulsel yang melakukan ruislag dan melalui persetujuan DPRD Sulsel. Kenapa bukan PWI Sulsel yang langsung melakukan ruislag atau menjualnya sekalian,” ujar Andi Tonra sambil tersenyum.
Hal yang sama dikemukakan Hasan Kuba, mantan Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Organisasi (pada periode 2010-2015).
“Saya hanya tersenyum-senyum mendengar kabar bahwa ada orang yang mengklaim Gedung PWI sebagai milik PWI Sulsel. Apa dasarnya? Apakah PWI Sulsel punya sertifikat kepemilikan?” tanyanya.
Saat ruislag Gedung PWI sekitar tahun 1995, katanya, Ketua PWI Sulsel dijabat oleh HM Alwi Hamu, yang tidak lain pemilik Harian Fajar.
“Pak Alwi saja tidak pernah mengklaim bahwa Gedung PWI adalah milik PWI Sulsel. Mengapa sekarang tiba-tiba ada orang yang berani menantang Pemprov Sulsel untuk membuktikan siapa pemilik Gedung PWI? Mengapa tidak dari dulu? Ada apa ini sebenarnya,” tanya Hasan.

Jasa HZB Palaguna

Andi Tonra Mahie dan Hasan Kuba sama-sama menyebut nama H Zainal Basri Palaguna (Gubernur Sulsel periode 1993-1998, 1998-2003) sebagai orang yang banyak berjasa dalam proses ruislag Gedung PWI Sulsel dari Jl Penghibur No 1 Makassar ke Jl AP Pettarani 31 Makassar.
“Jasa Pak Palaguna sangat besar dalam proses ruislag Gedung PWI Sulsel,” kata Andi Tonra yang menjadi anggota PWI sejak 1970.
“Karena jasanya yang besar itulah, PWI Pusat memberikan penghargaan Pena Emas kepada Pak Palaguna pada 2002,” ungkap Hasan Kuba. (win)

1 Komentar

  1. http://pwi-sulsel.blogspot.co.id/2016/03/gedung-pwi-jelas-jelas-milik-pemprov.html

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama