iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Agus Arifin Nu'mang: Semoga Kalian Lulus dan Sukses Semua


Asnawin Aminuddin 7:22 PM 0


BEGINILAH gaya Wagub Sulsel, Agus Arifin Nu'mang, saat memberikan motivasi kepada para siswa MAN 1 Makassar, yang mengikuti Ujian Nasional hari pertama, Senin, 4 April 2016. (Foto: sulsel.kemenag.go.id)







------
Jumat, 07 April 2016


Agus Arifin Nu’mang:

Semoga Kalian Lulus dan Sukses Semua


Reportase warga
Nirwana
(Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unismuh Makassar)

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Berkunjung ke sekolah guna memantau pelaksanaan Ujian Nasional sudah merupakan kegiatan rutin dan tanggungjawab moral bagi para pejabat pemerintah seperti gubernur, wakil gubernur, walikota, dan bupati.
Kehadiran para pejabat tersebut tentu saja sangat besar pengaruhnya bagi para kepala sekolah dan guru, serta para siswa, karena secara tidak langsung menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri.
Kebanggaan dan kebahagiaan itulah yang dirasakan para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar, Senin pagi, 5 April 2016, saat mereka dikunjungi oleh Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang.
Kebanggaan dan kebahagiaan para siswa menjadi paripurna karena Wagub Sulsel tidak datang sendiri, melainkan didampingi oleh Kakanwil Kemenag Sulsel, Abdul Wahid Thahir, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Salam Soba, serta Kepala MAN 1 Makassar, Ramli Rasyid, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum Dra Hj Hasmi Hasyim, serta Kepala Tata Usaha, Fatmah Abbas.
Pandangan mata para siswa tampak terus-menerus mengarah kepada Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang dan Kakanwil Kemenag Sulsel Abdul Wahid Thahir.
Ketika Wagub memberikan motivasi dengan mengatakan: “Kerjakanlah dengan baik soal UN-nya, semoga kalian lulus dan sukses semua”, para siswa dengan serentak tanpa komando langsung menjawab: “Aamiinnn.”
“Kedatangan Bapak Wagub Sulsel dan Bapak Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan di sekolah kami menjadi motivasi dan kebahagiaan tersendiri, bukan hanya kepada peserta didik, melainkan juga bagi segenap stakeholder keluarga besar MAN 1 Makassar,” ungkap Kepala MAN 1 Makassar, Ramli Rasyid, kepada “Pedoman Karya”, Senin, 5 April 2016.

Tambahan Jam Pelajaran

Ramli menjelaskan, jumlah siswa MAN 1 Makassar yang mengikuti UN tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebanyak 154 orang.
Jauh sebelum para siswa tersebut mengikuti UN, katanya, pihak sekolah telah melakukan berbagai persiapan, antara lain memberikan tambahan jam pelajaran sebanyak dua jam per mata pelajaran per minggu untuk mata pelajaran yang di-UN-kan.
“Pemberian tambahan jam pelajaran tersebut atas restu orangtua siswa dan Komite Sekolah,” ujar Ramli.
Tambahan jam pelajaran dan bimbingan tersebut dilaksanakan di sekolah dengan menggunakan ruangan kelas dan laboratorium yang ada.
Para guru pembimbing antara lain Nurdin SPd MSi (mata pelajaran Geografi), Dra Dewi Ali dan Nurfaidah SPd (mata pelajaran Fisika), Sitti Musdalifah SAg dan Drs Ahmad S MPd (mata pelajaran Biologi), Dra Hj Narmawati (mata pelajaran Kimia), serta Dra Hj Nurhasiah dan Muriati SPd (mata pelajaran Bahasa).

Kompetisi dan Lomba

Selain membantu siswa kelas XII, MAN 1 Makassar juga membantu dan mempersiapan siswa kelas X dan kelas XI dalam mempersiapkan diri mengikuti berbagai kompetisi dan lomba antarsiswa antar sekolah.
Ramli mengatakan, siswa MAN 1 Makassar antara lain mengikuti lomba debat hukum  antar-sekolah Tingkat Provinsi Sulsel dan Sulbar oleh Fakultas Syariah & Hukum UIN Alauddin Makassar (23-24 Januari 2016).
“Untuk mengikuti lomba debat hukum tersebut, para siswa dibimbing oleh guru pembimbing Abdul Rifai SAg dan Ahmad Bachtiar Arma SSos.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply