iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Basri Wello: Seakan-akan Ada yang Menuntun


Asnawin Aminuddin 11:02 PM 0


ADA YANG MENUNTUN. Di usianya yang sudah lebih dari 60 tahun, Prof Muhammad Basri Wello (kedua dari kanan), mengaku bisa merasakan bahwa perjalanan hidupnya seakan-akan ada yang menuntun. (ist)










-------
PEDOMAN KARYA
Sabtu, 9 April 2016


Prof Muhammad Basri Wello:

Seakan-akan Ada yang Menuntun


Setelah melewati perjalanan hidup yang cukup panjang dan meraih berbagai prestasi, biasanya seseorang akan menjadi lebih bijak, termasuk dalam menilai dirinya, terutama kesadaran akan keberadaannya di muka bumi.
Kesadaran itu juga dirasakan oleh Prof Dr H Muhammad Basri Wello MA. Di usianya yang sudah lebih dari 60 tahun, mantan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi ini mengaku bisa merasakan bahwa perjalanan hidupnya seakan-akan ada yang menuntun.
“Hidup saya itu mengalir begitu saja, tetapi seakan-akan ada yang menuntun. Saya bisa merasakan betapa hidup kita itu ada yang mengatur,” kata pria kelahiran Maroanging, Enrekang, 5 November 1952.
Dalam bincang-bincang santai di kediamannya, Perumahan Hartaco Indah, Makassar, Basri Wello mengaku bersyukur karena bisa kembali merasakan indahnya profesi dosen.
Selama kurang lebih 20 tahun terakhir, dirinya tidak utuh mengajar di kampus (IKIP Ujungpandang / Universitas Negeri Makassar), karena melanjutkan kuliah di luar negeri (Amerika Serikat) dan selalu mendapat jabatan, baik di kampus maupun di luar kampus.
Setelah meraih gelar doktor pada 1999 dan menjabat Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris selama satu tahun (1999-2000), Basri Wello diangkat menjadi Pembantu Rektor III untuk mendampingi Rektor UNM Prof Dr HM Idris Arief MS.
Empat tahun kemudian, dirinya kembali diminta mendampingi Prof Idris Arief, tetapi kali ini sebagai Pembantu Rektor IV.
Selain sebagai Pembantu Rektor, alumni S2 Kansas University, AS, juga mendapat amanah sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar dan konsultan pendidikan di wilayah Indonesia dari lembaga internasional.
Hanya beberapa bulan setelah masa jabatannya selaku Pembantu Rektor IV berakhir, dirinya mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat (Mendiknas RI) untuk menjabat Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi (2008-2012).
“Seakan-akan habis satu jabatan, sudah menunggu lagi jabatan berikutnya,” kata Basri yang juga pernah menjabat Kepala Humas IKIP Ujungpan-dang (1987-1989) dan Pembantu Dekan III FPBS IKIP Ujungpandang (1989-1992, 1992-1995).
Dari situ, dirinya mengaku dapat mengambil kesimpulan bahwa tidak ada yang kebetulan dalam hidup kita.
“Nasib kita itu betul-betul sudah ditentukan,” ujar Basri yang alumni S3 Linguistik Unhas. (asnawin aminuddin)

---------------

Biodata

Nama lengkap    : Prof Dr Muhammad Basri Wello MA
Tempat/tgl lahir    : Maroanging, Enrekang, 5 November 1952
Isteri        : Hj St Ramlah SE MM
Anak        : dua orang

Pendidikan Formal:
- SD di Maroanging, Kabupaten Enrekang (1963)
- SMP Negeri di Maroanging, Kabupaten Enrekang (1967)
- SPG Negeri di Rappang, Kabupaten Sidrap (1970)
- Sarjana Muda (BA) Bahasa dan Sastra Inggris, FKSS, IKIP Ujungpandang (1974)
- Sarjana (Drs) Bahasa dan Sastra Inggris, FKSS, IKIP Ujungpandang (1977)
- Master of Arts (MA) Curriculum & Instruction/TESL Kansas University, Amerika Serikat (1987)
- Doktor (Dr) Linguistik/ESL, Unhas, Makassar (1999)

Pendidikan Tambahan     :
- Summer Course: Intensive Language Program, Fullbright Fellowship, State University of New York, Buffalo, AS (8 Juli – 16 Agustus 1985)
- Short Course: Regional Development Planning, Kerjasama Erasmus Rotterdam dan Unhas (12 Januari – 21 Februari 1987)
- Shor Course: ELT in large Classes Management and Investigation, The British Council, Leed, Inggris (6 – 29 September 1992)
- Short Course: Teaching English for Business and Technology, RELC, Singapura (30 Januari – 28 Februari 1994)
- Graduate Certificate: Higher Education Management, Hubert Humphery Fellowship, Pennsylvania State University, AS (Juli 1995 – Juni 1996)

- Diploma: Business English, Manchester Business Training Limited (Distance Learning), Inggris (Februari 1995 – September 1996)

----
@copyright Majalah Almamater
(http://majalah-almamater.blogspot.co.id/2013/04/prof-basri-wello-seakan-akan-ada-yang.html)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply