iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Lima Siswa MA Cambajawayya Lolos Jalur Undangan


Pedoman Karya 3:51 AM 0


Meskipun berstatus sekolah swasta dan terletak di pelosok kecamatan, prestasi belajar para siswa Madrasah Aliyah (MA) Cambajawayya, Kecamatan Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa, ternyata cukup membanggakan. Pada tahun pelajaran 2014/2015 misalnya, sebanyak lima siswanya berhasil lolos masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan alias bebas tes. (Foto: Ulfa Julinar Pratiwi)




-----
Rabu, 13 April 2016 


Lima Siswa MA Cambajawayya Lolos Jalur Undangan


GOWA, (PEDOMAN KARYA). Meskipun berstatus sekolah swasta dan terletak di pelosok kecamatan, prestasi belajar para siswa Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Cambajawayya, Kecamatan Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa, ternyata cukup membanggakan.
Pada tahun pelajaran 2014/2015 misalnya, sebanyak lima siswa sekolah yang terletak di Jl Abdul Rahman Daeng Nassa, Kecamatan Bontonompo Selatan tersebut, berhasil lolos masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan alias bebas tes.
Ke-5 siswa tersebut, ialah Sri Rejeki, Nurfitriani Syam, dan Mutmainnah, yang lolos jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kemenristek-Dikti, serta Muhammad Salam dan Rahmatiah, yang lolos jalur undangan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Kemenag RI.
“Untuk tahun ini (2015/2016), kami masih menunggu pengumuman. Mudah-mudahan ada lagi di antara siswa kami yang lolos masuk PTN lewat jalur undangan,” kata Kepala MA Muhammadiyah Cambajawayya, Dra Hj Musyawarah.
Hal tersebut dikemukakan Hj Musyawarah yang didampingi Wakasek, Amiruddin SPd, dalam bincang-bincang dengan beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang melaksanakan tugas praktek peliputan mata kuliah Jurnalistik, Rabu, 6 April 2016.
Tentang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini, dia mengatakan, siswa MA Muhammadiyah Cambajawayya yang ikut UN sebanyak 46 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang “hanya” berjumlah 37 orang.
Ke-46 siswa tersebut, terdiri atas 26 laki-laki dan 20 perempuan. Seluruh siswa tersebut adalah jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), karena MA Muhammadiyah Cambajawayya hanya membuka jurusan IPS.
“Kami belum memiliki Laboratorium Komputer, jadi Ujian Nasional-nya masih manual menggunakan kertas,” ungkap Musyawarah yang lahir di Gowa, 12 Juni 1967.

UN Bahasa Inggris

Peserta UN yang berjumlah 46 orang dibagi dalam tiga kelas. Dalam pelaksanaan UN kali ini, MA Muhammadiyah Cambajawayya mendapatkan lima paket soal.
Secara keseluruhan, tidak ada kendala yang dihadapi para siswa dalam menghadapi dan dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, tetapi mereka mengalam sedikit kendala saat pelaksanaan UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang dilaksanakan pada hari terakhir, Rabu, 6 April 2016.
Kendala tersebut adalah kurang jelasnya soal yang dibacakan melalui pembesar suara, sehingga para siswa mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan tersebut.
“Bukan soal sulitnya pertanyaan yang diajukan, tetapi ucapannya yang kurang jelas dan terlalu cepat,” ungkap salah seorang siswa yang bernama Mutmainnah.

Reportase warga:

Ulfa Julinar Pratiwi, Nur Hikmah Syahrir, Erniwati, Nurwahida
(Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unismuh Makassar)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply