iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Unismuh Makassar “Hanya” Terima 5.000 Maba


Asnawin Aminuddin 2:07 AM 0


PENERIMAAN MABA. Panitia penerimaan mahasiswa baru Unismuh Makassar siap melayani pendaftar di lantai dasar Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar. Insert foto kanan atas: Dahlan Lamabawa. Insert foto kanan bawah: suasana tes penerimaan mahasiswa baru.




-----
Sabtu, 02 Juli 2016


Unismuh Makassar “Hanya” Terima 5.000 Maba

-         Pendaftaran Dibuka Hingga Pertengahan Agustus 2016
-         Calon Maba Diberi Kesempatan 3x Tes


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar selalu membludak. Kuota maba yang tersedia hanya berkisar 5.000 kursi, tetapi yang mendaftar mencapai angka 13.000-an.
“Jadi setiap tahunnya, ada sekitar delapan ribu calon mahasiswa yang terpaksa kami tolak, karena kuotanya hanya sekitar lima ribu orang,” jelas Ketua UPT-PPMB Unismuh Makassar, Dahlan Lamabawa SAg MAg, kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu, 2 Juli 2016.
Selama beberapa tahun lamanya, ketika masih menggunakan tes tertulis, Unismuh Makassar selalu menyewa tempat di luar kampus, termasuk stadion, karena ruangan yang tersedia di dalam kampus tidak mencukup untuk menampung calon mahasiswa baru dalam pelaksanaan tes.
“Tapi sejak diterapkannya one day service dalam penerimaan maba, yaitu sejak tahun akademik 2014/2015, pelaksanaan tes sudah dilakukan di kampus, bahkan calon mahasiswa baru dapat langsung mendaftar, tes, dan mengetahui lulus-tidaknya hanya dalam satu hari,” kata Dahlan.
Dengan sistem one day service, katanya, setiap pendaftar dapat langsung mendaftar secara online (dan langsung membayar sebesar Rp250.000 melalui rekening bank panitia), kemudian mengikuti tes pada komputer yang disediakan panitia, dan langsung mengetahui hasil tes.
“Kalau tidak lulus pada tes pertama, kami masih memberi dua kali kesempatan mengikuti tes dan tidak perlu bayar lagi. Bayarnya hanya satu kali, tetapi calon maba diberi kesempatan tiga kali mengikuti tes,” papar Dahlan.

Dibuka Hingga 14 Agustus

Penerimaan mahasiswa baru Unismuh Makassar, kata Dahlan, dibuka melalui dua jalur, yakni jalur undangan (bebas tes) dan jalur umum (melalui tes sistem komputerisasi).
“Tahun ini kami mengundang 112 calon mahasiswa baru melalui jalur undangan,” ungkapnya.
Pendaftaran calon maba Unismuh Makassar tahun akademik 2016/2017, dibuka hingga 14 Agustus 2016. Selanjutnya, mahasiswa baru akan mengikuti Gladi Pesantren pada 24 Agustus 2016, kemudian mengikuti Pesantren Mahasiswa Baru pada 28-30 Agustus 2016, Ta’aruf Akademik Fakultas pada 1-6 september 2016, serta pengukuhan mahasiswa baru yang dirangkaikan kuliah umum perdana pada 8 September 2016. (an)





«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply