iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » Puluhan Mahasiswa Ekspedisi ke Pulau Matalaang Pangkep


Pedoman Karya 5:16 PM 0


EKSPEDISI. Sebanyak 30 mahasiswa dan pemuda mengikuti program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) ke Pulau Matalaang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, 19-28 September 2016. Mereka dilepas secara resmi oleh perwakilan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman RI, di Pelabuhan Paotere, Makassar, Ahad, 18 September 2016. (ist)





----
Senin, 19 September 2016


Ekspedisi Nusantara Jaya 2016: 

Puluhan Mahasiswa ke Pulau Matalaang Pangkep



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 30 mahasiswa dan pemuda mengikuti program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) ke Pulau Matalaang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, 19-28 September 2016. Mereka dilepas secara resmi oleh perwakilan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman RI, di Pelabuhan Paotere, Makassar, Ahad, 18 September 2016.
Kemenko Bidang Kemaritiman RI yang diwakili oleh Anom selaku Staff Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim, menjelaskan bahwa ENJ merupakan salah satu program dari Kemenko Maritim dalam rangka meningkatkan budaya Maritim di kalangan pemuda.
“Program ini sekaligus menjadi wadah untuk menyambungkan konektivitas masyarakat pulau terluar Indonesia,” katanya.
Selain keberangkatan ke Pangkep, ENJ Sulsel akan memberangkatkan 30 peserta lainnya untuk ekspedisi ke pulau Jinato, Kabupaten Kepulauan Selayar.
Ano mengatakan, para peserta tersebut terpilih setelah mengikuti seleksi yang diselenggarakan Kemenko Kemaritiman RI dan hasil kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Sebanyak 20 orang adalah peserta umum hasil seleksi Kemenko Maritim RI, dan 40 orang peserta hasil kerjasama dengan Unhas.
Selama pelaksanaan ENJ, peserta akan melaksanakan program kerja empat bidang yaitu bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan ekonomi. Program tersebut merupakan hasil inisiasi peserta ENJ untuk membantu akses masyarakat pulau.
“Melalui ekspedisi dan program kerja yang dilaksanakan, kita akan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat pulau sehingga masyarakat pulau merasa terbantu. Kita pun akan menjadi penyambung tangan pemerintah untuk mendengar aspirasi masyarakat”, kata Ahmad Amiruddin, Ketua Team Leader ENJ Sulsel.
Menyinggung keberangkatan tim ekspedisi ke Kabupaten Selayar, dia mengatakan akan menyusul pada pertengahan Oktober mendatang.
“Keberangkatan akan disesuaikan dengan jadwal pelayaran kapal perintis,” jelas Ahmad.
Zulfah Raihani, salah seorang peserta ENJ 2016, mengatakan kegiatan ekspedisi yang diikutinya ke Pulau Matalaang, Kabupaten Pangkep, adalah kesempatan baik untuk mengabdi di masyarakat, khususnya di pulau terpencil.

“Sekalian belajar leadership dan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah,” ujar Zulfah. (zra/win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply