iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » UNM Buka Pendaftaran Maba 21 Februari 2017


Pedoman Karya 5:57 PM 0



JUMPA PERS. Rektor UNM Prof Husain Syam (kanan) didampingi Ketua Panitia SNMPTN 2017 UNM yang juga Wakil Rektor I, Prof Muharram, saat jumpa pers di Lantai 7 Menara Phinisi Kampus UNM, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa, 24 Januari 2017. (ist)





-------
Rabu, 25 Januari 2017


UNM Buka Pendaftaran Maba 21 Februari 2017


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran calon mahasiswa baru (maba) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2017/2018, pada 21 Februari 2017 sampai dengan 06 Maret 2017.
Rektor UNM Prof Husain Syam, mengungkapkan, persiapan SNMPTN telah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang Pembahasan Kebijakan dan Sosialisasi serta Promosi SNMPTN-SBMPTN, di Jakarta, 13-14 Januari 2017.
“SNMPTN  merupakan pola seleksi nasional berdasar hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester satu sampai dengan semester lima bagi siswa SMA, SMK, MA, atau sederajat dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun, serta berfortofolio akademik,” kata Husain.
Hal itu dikemukakan Husain dalam jumpa pers, di Lantai 7 Menara Pinisi Kampus UNM, Selasa, 24 Januari 2017. Pada kesempatan tersebut, Husain didampingi Ketua Panitia SNMPTN 2017 UNM yang juga Wakil Rektor I, Prof Muharram, Pembantu Rektor II, Dr H Karta Jayadi, Wakil Rektor III Arifuddin Usman, Wakil Rektor IV, Prof Gufran Darma Dirawan, serta Humas SNMPTN UNM Burhanuddin.
Sekolah yang akan mengikutkan siswanya SNMPTN, kata Husain, harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
“Siswa yang mengikuti seleksi harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Prestasi unggul siswa itu masuk peringkat terbaik di sekolah dengan ketentuan berdasar akreditasi sekolah,” paparnya.
Peringkat akreditasi itu adalah sekolah dengan Akreditasi A, berhak mengikutkan 50 persen siswa terbaik di sekolahnya, sedangkan sekolah dengan Akreditasi B, dapat mengikutkan 30 persen siswa terbaik di sekolahnya, sementara sekolah dengan Akreditasi C, boleh mengikutkan 10 persen siswa terbaik di sekolahnya. Adapun sekolah yang belum terakreditasi, hanya boleh mengikutkan lima persen siswa terbaik di sekolahnya.
Husain menambahkan, proses pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN dibuka pada 14 Maret sampai dengan 14 April 2017, proses seleksi akan dilakukan 15 Maret sampai 15 April 2017, sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 26 April 2017.
“Semua biaya SNMPTN ini ditanggung oleh pemerintah, sehingga siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun,” tandas Husain.

Tiga Jalur


Secara keseluruhan, kata Husain, UNM akan menerima 5.000 hingga 6.000 mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta Jalur Mandiri. (kia)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply