Hari Pertama Kumpulkan 40 Kantong Darah


DONOR DARAH. Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, berhasil mengumpulkan 40 kantong darah pada hari pertama dari tiga hari yang direncanakan, di Lobby Gedung I Kampus Unibos, Makassar, Selasa, 21 Maret 2017. (ist)





----------
Selasa, 21 Maret 2017


Hari Pertama Kumpulkan 40 Kantong Darah


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, berhasil mengumpulkan 40 kantong darah pada hari pertama dari tiga hari yang direncanakan, di Lobby Gedung I Kampus Unibos, Makassar, Selasa, 21 Maret 2017.
Ketua KSR PMI Unit 105 Unibos Makassar, Noriman Isma Wahyudi, mengatakan, kegiatan donor darah rutin mereka adakan hingga lima kali dalam setahun dengan melibatkan mahasiswa, dosen, dan seluruh sivitas akademika Unibos Makassar.
“Ini donor darah pertama yang kami adakan pada tahun 2017,” katanya sebagaimana rilis yang diterima redaksi, Selasa, 21 Maret 2017.
Selain donor darah yang dilaksanakan bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI), mereka juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, khususnya kesehatan kulit, bekerja sama dengan PT Kimia Farma.
“Satu kantong darah itu bisa menyelamatkan tiga nyawa pasien. Selain untuk mengajak mahasiswa agar mampu saling berbagi untuk mereka yang membutuhkan, donor darah ini juga diperuntukan agar para mahasiswa lebih memberi perhatian dalam menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang positif,” papar Noriman.
Dia menambahkan, KSR-PMI Unibos Makassar akan melanjutkan aksi peduli sehat dengan menggelar dialog publik pada April 2017, dengan mengusung topik terkait sistem jaminan sosial bagi korban kecelakaan.
Koordinator kegiatan donor darah dari PMI Kota Makassar, Sri Ratnadewi mengatakan, darah memiliki beberapa komponen dan akan digunakan berdasarkan kebutuhan pasien.

“Selain regenerasi darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh, donor darah juga sangat baik bagi kesehatan jantung yang berfungsi untuk memompa darah, sehingga donor darah bisa mendukung jantung menjalankan fungsinya dengan baik,” jelasnya. (ima)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama