iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Ketua DPD RI: Empat Syarat Jadi Wirausahawan


Pedoman Karya 10:41 PM 0


KULIAH UMUM. Ketua DPD RI, Mohammad Saleh (kedua dari kiri) didampingi Anggota DD RI asal Riau, Abdul Gafar Usman (paling kiri), foto bersama Dekan FEB Unismuh Ismail Rasulong (ketiga dari kiri), Wakil Rektor I Saleh Molla (ketiga dari kanan), Wakil Dekan III FEB Samsul Rizal, serta Direktur Humas dan Publikasi Mahmud Nuhung, jawab pada Kuliah Umum, di Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 25 Maret 2017. (Foto: Asnawin)




--------
Ahad, 26 Maret 2017


Ketua DPD RI: Empat Syarat Jadi Wirausahawan



-     “Boyong” Empat Mahasiswa Unismuh Makassar ke Jakarta


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Ada empat syarat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi pengusaha atau wirausahawan. Pertama, harus terlebih dahulu membangun jiwa wirausaha dalam dirinya dan kemudian membulatkan tekad menjadi seorang wirausahawan.
“Taruh dulu di benak Anda bahwa saya mau jadi saudagar, saya mau jadi pengusaha, apapun yang terjadi dan bagaimana pun caranya,” kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Mohammad Saleh, saat tampil sebagai dosen Kuliah Tamu, di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sabtu, 25 Maret 2017.
Syarat kedua yang harus dimiliki seorang wirausahawan, lanjut Saleh yang didampingi Wakil Rektor IV Unismuh HM Saleh Molla, dan Dekan FEB Unismuh Ismail Rasulong, yaitu mental yang kuat, sedangkan syarat ketiga yaitu harus fokus mengurus usaha yang dirintisnya.
“Dan jangan lupa (syarat keempat), buatlah diri Anda semenarik-mungkin. Yang membuat Anda menarik yaitu harapan untuk menciptakan uang,” kata Saleh yang memiliki banyak perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 26.000 orang.
            Dalam sesi tanya jawab, empat mahasiswa mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan, dan Mohammad Saleh dalam kapasitasnya sebagai seorang pengusaha, “memboyong” keempat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar tersebut ke Jakarta, untuk “diajar” berwirausaha.
“Saya akan belikan tiket pesawat Makassar – Jakarta pulang pergi untuk saya perlihatkan salah satu usaha yang baru saya bangun di Bogor. Supaya kalian bisa belajar. Tugas kalian hanya satu. Setelah kembali ke Makassar nanti, kalian harus bercerita kepada banyak orang, terutama kepada teman-teman kalian, tentang bagaimana mengelola sebuah usaha,” tutur Mohammad Saleh, yang didampingi Wakil Rektor IV Unismuh HM Saleh Molla, dan Dekan FEB Unismuh Ismail Rasulong.
Dalam kunjungannya ke Kampus Unismuh Makassar, Mohammad Saleh didampingi antara lain dua Anggota DPD RI Asal Sulsel, yakni Azis Qahar Mudzakkar dan Ajiep Padindang, seorang Anggota DD RI asal Riau, Abdul Gafar Usman. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply