iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Wagub Hadiri Ujian Doktor Mantan Anggota KPUD Sulsel


Pedoman Karya 2:58 AM 0


UJIAN DOKTOR. Foto kiri: mantan Anggota KPUD Sulsel Samsir Rahim bersama isteri dan salah seorang anaknya. Foto kanan: Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang (baju putih) berjabat-tangan dengan Ketua BPH Unismuh Makassar, HM Syaiful Saleh, pada ujian promosi doktor Samsir Rahim, di Lantai V Kampus PPs Universitas Negeri Makassar, Rabu, 15 Maret 2017. (ist)



---
Rabu, 15 Maret 2017


Wagub Hadiri Ujian Doktor Mantan Anggota KPUD Sulsel


            MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, menghadiri ujian promosi doktor mantan Anggota KPUD Sulsel, Samsir Rahim, di Lantai V Kampus Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu, 15 Maret 2017.
            Selain Agus yang disebut-sebut akan maju sebagai calon Gubernur Sulsel, juga hadir Rektor Unismuh Makassar Dr Abdul Rahman Rahim, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar Dr HM Syaiful Saleh yang disebut-sebut akan maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sulsel, serta seratusan dosen Unismuh dan puluhan undangan lainnya.
Samsir Rahim yang kini menjabat Wakil Dekan III Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unismuh Makassar, pada ujian promosi doktor Ilmu Administrasi Publik tersebut, mengangkat judul disertasi: “Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Berbasis Kompetensi di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.”
Seusai ujian promosi doktor yang dipimpin Asdir III PPs UNM sekaligus Ko-promotor, Prof Suradi Tahmir, Wagub Sulsel dan Rektor Unismuh diberi kesempatan memberikan sepatah kata atas keberhasilan Samsir Rahim meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Administrasi Publik.
“Saya baru tahu kalau tempat penelitian Pak Samsir di BKD Sulsel. Tadinya saya kira beliau meneliti di KPUD Sulsel. Kalau di situ, saya punya kepentingan,” kata Agus tersenyum dan langsung disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.
Mantan Ketua DPRD Sulsel juga mengemukakan niatnya mengundang Samsir Rahim untuk berbincang-bincang tentang hasil penelitiannya, karena dirinya yakin banyak temuan yang tidak dituangkan dalam disertasi Samsir Rahim.
“Saya ingin tahu bagaimana kinerja bawahan saya di BKD (Badan Kepegawaian Daerah),” ungkap Agus.
Rektor Unismuh Rahman Rahim saat memberikan sepatah kata memuji Samsir Rahim dan menyatakan mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel itu layak dipromosikan untuk mendapatkan jabatan baru di Unismuh Makassar.
“Pak Samsir layak dipromosikan untuk jabatan baru. Sayangnya, sudah habis jabatan terisi, dekan juga sudah terisi, terpaksa masuk daftar tunggu,” ungkap Rahman Rahim sambil tersenyum yang langsung disambut tawa dan tepuk-tangan para penguji dan undangan.

Sinergitas Nilai

Samsir Rahim dalam disertasinya mengatakan, prototipe pemberdayaan yang sesuai dengan kondisi aparatur di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulsel, mengacu kepada Model Pemberdayaan Khan (2007:127) yang kemudian dikembangkan menjadi prototipe pemberdayaan aparatur berbasis “sinergitas nilai.”
Sinergitas nilai dimaksud yaitu nilai endogenitas atau budaya lokal sipakatu (saling memanusiakan), sipakalebbi (saling menghargai), sipakainge (saling mengingatkan), serta nilai eksogenitas atau kontekstual yang meliputi keinginan (desire), kepercayaan (trust), kepercayaan diri (self confidence), kredibilitas (credibility), kreativitas (creativity), tanggung jawab (accountability), komunikasi (communication), kepemimpinan (leadership), dan budaya lokal (local culture).
“Kepada para aparatur secara umum dan aparatur dalam lingkup BKD Provinsi Sulsel khususnya, agar kiranya dapat terus dan berkesinambungan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan sebagai aparatur negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan memerhatikan faktor lingkungan kerja, komitmen pimpinan, pemanfaatan teknologi, pengawasan, dan budaya kerja organisasi,” tutur Samsir.

Ujian promosi doktor Samsir Rahim turut dihadiri Wakil Rektor I Unismuh Makassar Abdul Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III Muhammad Tahir, Asdir I PPs Unismuh Dr Andi Jam’an, Asdir II Dr Muhlis Madani, Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib PhD, Dekan Fisip Dr Muhammad Idris Timung, Dekan Fakultas Teknik Hamzah Al Imran, Dekan FEB Ismail Rasulong, serta sejumlah pejabat dan dosen di lingkungan Unismuh Makassar. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply