iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Puluhan Rumah di Bulukumba Diterjang Angin Puting Beliung


Pedoman Karya 8:16 PM 0


ANGIN PUTING BELIUNG. Angin puting beliung menerjang dua desa di Kabupaten Bulukumba, masing masing Desa Topanda Kecamatan Rilau Ale, dan Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang Bulukumba, pada hari yang sama, Kamis siang, 13 Juli 2017, sekitar pukul 13.20 Wita. Sedikitnya 50 buah rumah porak-poranda diterjang angin puting beliung. (Foto: Suaedy Lantara)




---------
PEDOMAN KARYA
Jumat, 14 Juli 2017


Puluhan Rumah di Bulukumba Diterjang Angin Puting Beliung


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Angin puting beliung menerjang dua desa di Kabupaten Bulukumba, masing masing Desa Topanda Kecamatan Rilau Ale, dan Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang Bulukumba, pada hari yang sama, Kamis siang, 13 Juli 2017,  sekitar pukul 13.20 Wita.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bulukumba Andi Akrim Amir, melaporkan angin puting beliung menerjang puluhan rumah terjadi sesaat setelah dirinya meninggalkan lokasi uji coba penembakan rudal oleh TNI AU di Kecamatan Bontobahari.

Dari informasi yang dihimpun, sedikitnya 50 buah rumah porak-poranda diterjang angin puting beliung, terdiri atas 34  rumah di Desa Palioi (empat buah di antaranya rusak berat dan 30 buah rusak ringan yang terletak di Dusun Kaluku), serta 16 rumah di Desa Topanda (dua rumah rusak berat bahkan rata dengan tanah, dan 14 rumah rusak ringan terletak di Dusun Mattirowalie).
Ile, salah seorang warga Desa Topanda menuturkan, bencana angin puting beliung seperti ini merupakan yang kedua kalinya terjadi di Desa Topanda, dan kali ini rumahnya juga jadi sasaran angin puting beliung hingga rusak parah.
Saat kejadian, seperti disebutkan warga, hujan lebat disertai angin kencang, yang terjadi sekitar pukul 13.15 Wita, dan menerbangkan atap rumah warga.
“Saat kejadian terdengar suara gemuruh dan di atas langit terlihat sangat gelap, tiba-tiba saya melihat di depan rumah saya roboh serta terlihat atap seng beterbangan,” ungkap seorang warga lainnya di Dusun Mattirowalie, Desa Topanda.
Akrim Amir selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba mengatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi kejadian, sekaligus mendirikan tenda-tenda darurat
“Untuk sementara, belum ada laporan terkait korban jiwa, tetapi kami tetap melakukan kontak dengan dinas terkait,” kata Akrim.

Bupati Bulukumba AM Sukri ASappewali, meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait supaya segera turun tangan membantu para korban angin puting beliung, sedangkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bulukumba diperintahkan segera mendirikan posko di lokasi kejadian. (aso)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply