iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Siswa SMA 1 Bulukumba dan SMA 1 Rantepao Bertukar Informasi Wisata


Pedoman Karya 10:47 AM 0


STUDI TOUR. Puluhan siswa foto bersama Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba Ali Saleng, dan Kepala SMA Negeri 1 Bulukumba Rusli Umar, seusai acara pelepasan rombongan Studi Banding OSIS SMA Negeri 1 Bulukumba menuju Toraja Utara, di halaman sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba, Ahad, 24 September 2017. (ist)




-------------
Senin, 25 September 2017


Siswa SMA 1 Bulukumba dan SMA 1 Rantepao Bertukar Informasi Wisata


SAMBUTAN PELEPASAN. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba Ali Saleng (kiri) didampingi Kepala SMA Negeri 1 Bulukumba Rusli Umar, memberikan sambutan pada acara pelepasan rombongan Studi Banding OSIS SMA Negeri 1 Bulukumba menuju Toraja Utara, di halaman sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba, Ahad, 24 September 2017. (ist)

-------------

            BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Siswa SMA Negeri 1 Bulukumba dan siswa SMA Negeri 1 Rantepao Toraja Utara diharapkan saling bertukar informasi sekaligus saling memperkenalkan objek-objek wisata di daerah masing-masing.
            “Agar studi banding yang adik-adik lakukan di Toraja Utara membawa hasl yang positif, maka saya minta adik-adik bukan hanya mengunjungi tempat-tempat wisata, melainkan juga dapat menjadi duta promosi wisata dengan memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di Bulukumba,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba Ali Saleng.
            Harapan tersebut dikemukakan Ali Saleng saat memberikan sambutan pada acara pelepasan rombongan Studi Banding OSIS SMA Negeri 1 Bulukumba menuju Toraja Utara, di halaman sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba, Ahad, 24 September 2017.
            “Selama berada di Toraja Utara dan selama berada dalam perjalanan, jagalah nama baik sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba dan nama baik daerah Kabupaten Bulukumba,” kata Ali Saleng yang juga alumni tahun 1986 SMA Negeri 1 Bulukumba.
Kepala SMA Negeri 1 Bulukumba, Rusli Umar, menjelaskan, kegiatan studi banding ke Toraja Utara bertujuan menambah wawasan, menimba pengalaman baru, serta menambah cakrawala berpikir dan sebagai perbandingan untuk evaluasi diri dan pada akhirnya bisa untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Selama berada di Toraja Utara nanti (24-27 September 2017), katanya, para siswa SMA Negeri 1 Bulukumba dan siswa SMA Negeri 1 Rantepao akan saling berbagi wawasan dan pengalaman di bidang ke-OSIS-an dan kegiatan-kegiatan yang ada pada masing-masing sekolah, serta memperkenalkan lingkungan selolah.
“Selain itu, para siswa kedua sekolah ini juga akan saling mempresentasikan dan memperkenalkan obyek wisata yang ada di daerah masing-masing. OSIS SMA Negeri 1 Bulukumba, insya Allah akan menjadi duta promosi dan siap memperkenalkan keindahan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Bulukumba,” kata Rusli.
Dia kemudian menyebut sejumlah objek wisata yang ada di Bulukumba, antara lain Tanjung Bira, Tebing Apparallang, Puncak Pua Janggo, Pantai Samboang, Marumasa,  Kasuso, Kaluku, Liukanglu, Pangala, Pusahelu, Lemo-lemo, serta wisata religi Makam Dato Tiro, dan wisata budaya Kajang Ammatoa.
Pada acara pagelaran seni di Toraja Utara, katanya, siswa SMA Negeri 1 Bulukumba juga akan menampilkan lagu Mars Bulukumba, Mars SMA Negeri 1 Bulukumba, tari Pabbitte Passapu, dan tari Panrita Lopi sebagai tarian adat Kabupaten Bulukumba.
“Mereka juga akan mengadakan pertandingan persahabatan olahraga futsal, bola voli, serta bola basket,” tutur Rusli yang juga alumni tahun 1986 SMA Negeri 1 Bulukumba seangkatan dengan Ali Saleng.
Rusli juga mengemukakan bahwa dirinya sudah melakukan komunikasi melalui media sosial WhatsApp (WA) dengan Kepala SMA Negeri 1 Rantepao Isaac Paembonan.
“Beliau menyatakan siap menerima dan memandu siswa SMA Negeri 1 Bulukumba beserta rombongan. Tidak hanya memperkenalkan objek wisata di Toraja Utara, tetapi juga akan mengantar adik-adik sekalian ke tempat-tempat wisata populer di dunia yang ada di Kabupaten Toraja Utara,” ungkap Rusli.
Melalui kegiatan studi banding tersebut, katanya, diharapkan dapat menjadi ajang silaturrahim dan untuk bahan referensi, agar wawasan dan informasi baru dapat menjadi bahan untuk memperbaiki maupun melakukan berbagai inovasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah masing-masing.
Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba yang bertindak sebagai Ketua Rombongan Studi Tour, Drs H Rustan, mengatakan, para siswa yang tergabung dalam OSIS SMA Negeri 1 Bulukumb berangkat ke Toraja Utara pada hari Ahad, 24 September 2017, dan akan pulang kembali ke Bulukumba pada Rabu, 27 September 2017.
“Jumlah siswa yang berangkat sebanyak 80 orang dan didampingi oleh sepuluh guru,” sebut Rustan. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply