iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Popularitas Nurdin Halid dan Agus AN Paling Tinggi


Pedoman Karya 2:32 AM 0


CALON GUBERNUR. Popularitas Nurdin Halid dan Agus Arifin Nu’mang paling tinggi dibandingkan nama-nama lainnya yang disebut-sebut akan atau berpeluang maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sulsel periode 2018-2023, tetapi perbedaannya dengan Cagub lainnya sangat tipis.






-------
Jumat, 20 Oktober 2017


Pilgub Sulsel 2018:

Popularitas Nurdin Halid dan Agus AN Paling Tinggi


-       Menyusul Ichsan YL, Rivai Ras, dan Nurdin Abdullah


BANTAENG, (PEDOMAN KARYA). Popularitas Nurdin Halid dan Agus Arifin Nu’mang paling tinggi dibandingkan nama-nama lainnya yang disebut-sebut akan atau berpeluang maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sulsel periode 2018-2023, tetapi perbedaannya dengan Cagub lainnya sangat tipis.
Hasil survey yang dilakukan Lembaga Jaringan Survei Indonesia(LJSI), nama Nurdin Halid dan Agus Arifin Nu’mang masing-masing mendapatkan 59,3% sebagai calon gubernur yang paling banyak dikenal publik Sulawesi Selatan.
Ichsan Yasin Limpo berada di urutan berikutnya dengan perolehan suara 58,4%, menyusul Rivai Ras (52,1%), Rusdi Masse (51,7%), Akbar Faisal (51,6%), Nurdin Abdullah (51,1%), serta La Tinro Latunrung (47,3%).
Meski demikian, kata Direktur Eksekutif LJSI, Herlina, dalam siaran persnya Senin, 16 Oktober 2017, tingginya popularitas belum tentu berbanding lurus dengan akseptabilitas (kesukaan), dan elektabilitas (keterpilihan). Hal ini lantaran rumus pemilih ada tiga, yaitu dikenal, disukai, dan dipilih.
Herlina mengatakan, penelitian yang mereka lakukan menguji penilaian masyarakat terhadap para tokoh yang meliputi (1) Tingkat Popularitas, (2) Tingkat Akseptabilitas, (3), Tingkat Kompentensi, (4) Tingkat Kepemimpinan, serta (5) Tingkat Elektabilitas, dari para tokoh yang berpotensi bakal maju sebagai Calon Gubernur Sulawesi Selatan.
Dari segi Tingkat Kompentensi Kepemimpinan, katanya, nama Rivai Ras menempati urutan teratas dengan 67,3%, disusul Agus  Arifin Nu’Mang (66,2%), Rusdi Masse (65,3%), Nurdin Abdullah (61,3%), Ichsan Yasin Limpo (59,4%), Akbar Faisal (58,7%), Nurdin Halid (56,4%), dan La Tinro Latunrung (53,3%).
Dalam pertanyaan terbuka (top of mind), jika Pilkada Provinsi Sulawesi Selatan dilakukan saat ini (saat pengambilan data survei), maka nama Rivai Ras (10,7%) merupakan kandidat paling unggul, disusul Agus Arifin Nu'Mang (8,4%), Nurdin Abdullah (7,3%), Akbar Faisal (7,2%), Rusdi Masse (6,9%), Ichsan Yasin Limpo (6,7%), Nurdin Halid (5,9%), dan La Tinro Latunrung  (1,6%).
Herlina juga menjelaskan bahwa penelitian mereka menggunakan cara survei opini publik ini digelar tanggal 3 sampai dengan tanggal 13 Oktober 2017, dengan jumlah responden sebanyak 1.327 orang warga Sulsel yang tersebar pada  22 kabupaten dan 3 kota.
Responden menjadi  informan dan sumber untuk informasi dalam survei. Survei mengunakan  metodologi kualitatif dengan wawancara langsung untuk menggali informasi dan kuantitatif dalam melakukan tabulasi kuesioner.
Penarikan jumlah responden mengunakan teknik sampling atau acak dengan metode multistage random sampling pada populasi jumlah DPT di Sulsel. Survei ini mempunyai Tingkat kepercayaan 95% dan pada margin of error kurang lebih 2,7%. (am/win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply