iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Sebanyak 270 PTS se-Sulawesi Nihil Penelitian


Pedoman Karya 11:38 PM 0


NIHIL PENELITIAN. Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Andi Niartiningsih (kiri) mengatakan, perguruan tinggi swasta yang ada di lingkup Kopertis Wilayah IX Sulawesi berjumlah 369 buah, tetapi yang mengambil bagian pada riset dilakukan Kemenristekdikti tahun 2017 hanya 99 PTS. 







-------
Senin, 15 Januari 2018


Sebanyak 270 PTS se-Sulawesi Nihil Penelitian


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 270 perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkup Kopertis Wilayah IX Sulawesi sama sekali tidak melakukan penelitian alias nihil penelitian pada tahun 2017, padahal penelitian merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi.
Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Andi Niartiningsih mengatakan, perguruan tinggi yang ada di lingkup Kopertis Wilayah IX Sulawesi berjumlah 369 buah, tetapi yang mengambil bagian pada riset dilakukan Kemenristekdikti tahun 2017 hanya 99 PTS. 
Itu berarti ada 270 PTS yang sama sekali tidak melakukan penelitian yang diadakan oleh Kemenristek-dikti pada tahun 2017.
“Minat para dosen Kopertis Wilayah IX Sulawesi melakukan riset, masih sangat lemah,” kata Andi Niar, sapaan akrab Prof Andi Niartiningsih, pada Rapat Kerja Kopertis Wilayah IX Sulawesi, di Watampone, Kabupaten Bone, Jumat, 12 Januari 2018.
Menyikapi lemahnya minat meneliti para dosen tersebut, Andi Niar mengimbau para pimpinan PTS agar setiap saat memotivasi para dosen untuk melakukan penelitin dengan memanfaatkan alokasi dana cukup besar dari pemerintah melalui Kemenristek-dikti.
Dalam tiga tahun terakhir, jumlah dana penelitian yang berhasil dimanfaatkan terus-menerus mengalami peningkatan, tetapi jumlah tersebut masih sangat kurang dibanding jumlah perguruan tinggi dan jumlah dosen yang ada.
Andi Niar menyebut bahwa alokasi dana yang terserap di jajaran Kopertis Wilayah IX Sulawesi untuk dana penelitian tahun 2015 sebanyak Rp14,5 miliar, tahun 2016 sebanyak
Rp15 miliar, dan tahun 2017 meningkat dua kali lipat menjadi Rp31 miliar.
“Sementara itu, sumber daya dosen Kopertis IX Sulawesi sebanyak terdiri atas 62 Guru Besar, 789 Lektor Kepala, 1.835 Lektor, 3.671 Asisten Ahli, serta masih ada 3.721 tenaga pengajar,” sebut Andi Niar. (yahya/win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply