iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » STKIP Muhammadiyah Bulukumba PTS Terbaik di Sulawesi


Pedoman Karya 2:02 AM 0


TERBAIK. STKIP Muhammadiyah Bulukumba mewisuda 256 alumninya pada Wisuda Sarjana Angkatan XVII, di Kampus STKIP Muhammadiyah Bulukumba, Sabtu, 30 Desember 2017. Dengan tambahan alumni tersebut, maka secara keseluruhan STKIP Muhammadiyah Bulukumba telah menelurkan 5.351 alumni. (Foto: Asnawin Aminuddin)




--------
Senin, 01 Januari 2018


STKIP Muhammadiyah Bulukumba PTS Terbaik di Sulawesi


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bulukumba merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi.
Pengakuan tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kelembagaan Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Drs Andi Lukman MSi, pada acara Wisuda Sarjana Angkatan XVII STKIP Muhammadiyah Bulukumba, di Bulukumba, Sabtu, 30 Desember 2017.
“STKIP Muhammadiyah Bulukumba merupakan salah satu PTS terbaik di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi, karena telah menerapkan manajemen dan tata kelola perguruan tinggi yang baik sesuai standar yang ada,” kata Andi Lukman.
Dia mengungkapkan, tidak sedikit PTS di di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi yang mengalami kehancuran, karena tata kelolanya yang kurang bagus.
“Tidak sedikit PTS yang hancur karena pengelola tidak akur dengan yayasan, tidak akur antara dosen dengan dosen. Di sinilah kelebihan perguruan tinggi Muhammadiyah, karena yayasannya disatukan di seluruh Indonesia,” ungkap Andi Lukman.
 Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Prof Ambo Asse, mengatakan, kelebihan lain yang dimiliki perguruan tinggi Muhammadiyah yaitu penerapan caturdharma.
“Kalau secara nasional dikenal istilah tridharma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat, red), maka di perguruan tinggi Muhammadiyah diterapkan caturdharma. Dharma keempatnya yaitu Al-Islam dan Ke-Muhammadiyah-an,” sebut Ambo Asse.
Ketua STKIP Muhammadiyah Bulukumba, Drs Jumase Basra, mengatakan, berbagai kemajuan telah diraih perguruan tinggi yang dipimpinnya, antara lain semua program studi (Prodi) telah terakreditasi, yaitu prodi Pendidikan Biologi, dan Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dengan Akreditasi B, serta Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Akreditasi C.
“Insya Allah tahun 2020 diupayakan minimal Terakreditasi B secara institusi,” tegas Jumase.
Visi STKIP Muhammadiyah Bulukumba, katanya, yaitu “Pada tahun 2022 menjadi STKIP yang unggul, Islami, dan diakui secara internasional.”
Untuk mewujudkan visi tersebut, pihaknya telah membuat Rencana dan Strategi 2010-2022, dengan berbagai langkah nyata telah dilakukan, antara melakukan kerjasama dengan negara-negara tetangga, seperti kerjasama dengan Rajamanggala University of Technologi Krungthep (RMUTK) Thailand, kerjasama dengan International Institute of Islamic Thought (UIIT) East and South East Asia, serta kerjasama dengan Hazizah Cenco kerjasama dengan UKM Malaysia, dalam bidang riset, jurnal internasional, serta pemagangan mahasiswa dan dosen.

Wisuda 256 Alumni

Jumase mengatakan, pada acara Wisuda Sarjana Angkatan XVII, STKIP Muhammadiyah Bulukumba mewisuda 256 alumni. Dengan tambahan alumni tersebut, maka secara keseluruhan STKIP Muhammadiyah Bulukumba telah menelurkan 5.351 alumni.
Prestasi akademik dosen dan mahasiswa dalam satu terakhir (2016/2017), meliputi peningkatan Indeks Kinerja Dosen yang naik dari 3,45 menjadi 3,51.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rara-rata mahasiswa juga mengalami peningkatan. IPK mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia naik dari 3,45 menjadi 3,55, IPK mahasiswa prodi Pendidikan Biologi naik dari 3,62 menjadi 3,71, sedangkan IPK mahasiswa Prodi Pendidikan Luar sekolah naik dari 3,62 menjadi 3,70.
Acara wisuda sarjana STKIP Muhammadiyah Bulukumba juga diisi orasi ilmiah oleh Prof Irwan Akib (Guru Besar Pendidikan Matematika Unismuh Makassar / Wakil Ketua Majelis Dikti-Litbang PP Muhammadiyah) dengan judul orasi “Pendidikan Menghidupkan, Mencerahkan, dan Membebaskan untuk Indonesia Berkemajuan.”
Turut hadir pada acara wisuda tersebut unsur pimpinan daerah Kabupaten Bulukumba, pimpinan Muhammadiyah, pimpinan Aisyiyah, serta para orangtua atau wali wisudaawan, dan sejumlah undangan lainnya. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply