Puluhan Dosen PTN dan PTS Ikuti Workshop Penulisan Jurnal Internasional di Unibos


JURNAL INTERNASIONAL. Sebanyak 51 dosen PTN dan dosen PTS se-Sulawesi dan Maluku, mengikuti Workshop Interaktif Penulisan dan Publikasi Jurnal Internasional SCOPUS, di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Kampus Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Ahad, 11 Februari 2018. (ist0



------
Ahad, 11 Februari 2018


Puluhan Dosen PTN dan PTS Ikuti Workshop Penulisan Jurnal Internasional di Unibos


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 51 dosen perguruan tinggi negeri (PTN) dan dosen perguruan tinggi swasta (PTS) se-Sulawesi dan Maluku, mengikuti Workshop Interaktif Penulisan dan Publikasi Jurnal Internasional SCOPUS, di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Kampus Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Ahad, 11 Februari 2018.
Para dosen tersebut berasal dari Unibos Makassar, Akademi Keperawatan Al Hambra Makassar, Universitas Teknologi Sulawesi (UTS), Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STTP) Gowa, Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Muslim Maros, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Universitas Atma Jaya Makassar, Politeknik Nasional LP3i Makassar.
Akademi Sinar Kasih Toraja, Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Balai Penelitian Tanaman Serelia, Akper Batari Toja Bone.
Universitas Tadulako (Untad) Palu Sulawesi Tengah, Universitas Tompotika (Untika) Luwuk Banggai Sulawesi Tengah, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Nuku Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara, Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari Sulawesi Tenggara.
Workshop yang menghadirkan Muhammad Arsyad PhD, dari Associate Editor International Journal of Agriculture System (IJAS), terselenggara atas kerjasama Unibos Makasar dengan Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Regional Sulawesi Selatan.
Pembukaan workshop dirangkaikan penandatanganan kerjasama antara Unibos Makassar yang diwakili Rektor Prof Saleh Pallu, dengan HA IPB Regional Sulawesi Selatan yang diwakili Ketua HA IPB Zulkaf S Latief.
“Dosen adalah salah satu profesi yang memberi manfaat lebih bagi kemajuan masyarakat, bangsa, dan Negara. Dosen dituntut tidak hanya melakukan tugas pengajaran saja, tapi juga penelitian dan pengabdian pada masyarakat, terutama penelitian telah terpublikasikan. Dari hasil penelitian yang terpublikasi secara internasional itulah yang mendorong dosen menjadi seorang profesor. Melalui workshop ini dilakukan pelatihan terkait standar-standar suatu publikasi hasil penelitian yang berkualitas,” tutur Saleh Pallu.
Hal yang sama dikemukakan Ketua Umum DPD HA IPB Sulsel, Sulkaf S Latief., dengan mengatakan bahwa terkait kerjasama yang dilakukan dengan Unibos, pihaknya ingin meningkatkan potensi-potensi yang ada pada alumni IPB di daerah, khususnya di Sulawesi Selatan.
“Peningkatannya dapat dilakukan dengan memberi manfaat bagi kedua institusi ini, seperti saat dosen Unibos atau Unibos sendiri melakukan program pengembangan dalam bidang pertanian, maka alumni IPB ini yang dapat melakukan pendampingan dalam bidang pertanian dengan kemampuan-kemampuan tertentu,” ungkap Sulkaf.
Workshop tersebut diadakan karena melihat alumni IPB di Sulsel ini ternyata sebagian besar menjadi tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi, sehingga salah satu tujuan diadakannya workshop yaitu membantu meningkatkan kapasitas mereka sebagai dosen.
“Salah satunya dengan mendorong publikasi jurnal internasional yang menjadi indikator penilaian mutu dosen,” tambah Sulkaf. (ima/r)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama