iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » SMA 9 Makassar Sudah 11 Tahun Gelar Kejuaraan Futsal


Pedoman Karya 7:13 AM 0


“Para siswa yang tergabung dalam eskul futsal, sudah sebelas tahun, tepatnya sejak tahun 2007, menggelar kejuaraan futsal antar-siswa SMA dan antar-siswa SMP se-Sulawesi Selatan,” kata Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Makassar, Atmam Amir. (Foto: Asnawin)







-------
Rabu, 14 Februari 2018


SMA 9 Makassar Sudah 11 Tahun Gelar Kejuaraan Futsal


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Lokasi memang tidak strategis yakni di Jl Karunrung Raya, Makassar, tetapi prestasi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Makassar dan para siswanya ternyata cukup bagus, bahkan ada satu kegiatan yang mereka adakan setiap tahun dengan melibatkan siswa SMA sederajat dan siswa SMP sederajat se-Sulsel, dan dilaksanakan di sekolah tersebut.
“Para siswa yang tergabung dalam eskul (ekstrakurikuler) futsal, sudah sebelas tahun, tepatnya sejak tahun 2007, menggelar kejuaraan futsal antar-siswa SMA dan antar-siswa SMP se-Sulawesi Selatan,” kata Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Makassar, Atmam Amir SPd MPd, kepada “Pedoman Karya”, saat ditemui di sekolahnya, Jumat, 09 Februari 2018.
Kejuaraan futsal tersebut, katanya, dilangsungkan di lapangan futsal SMAN 9 Makassar selama tiga pecan, yakni pada hari setiap Jumat sore dan Sabtu sore, atau di luar jam belajar.
“Mereka (panitia kejuaraan futsal) mengundang siswa dari berbagai sekolah di Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Takalar,” sebut Atmam.
Selain menjadi tuan rumah, para siswa yang tergabung dalam eskul futsal juga aktif mengikuti berbagai kejuaraan, bahkan mereka sudah beberapa kali keluar sebagai juara, antara lain menjuarai sebuah kejuaraan di Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, dan kejuaraan yang diadakan STIE Amkop Makassar.
Atmam mengatakan, selain membina eskul futsal, pihaknya juga membina 12 eskul lainnya, yaitu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Atlas (pencinta lingkungan hidup), Perak (Persatuan Remaja anti Korupsi), Bahtera (seni-budaya), bola basket, bola voli, karate, dan Ikramu Nurul Iman (remaja masjid SMAN 9 Makassar).
“Kami membina 13 eskul, masing-masing eskul memiliki program unggulan,” kata alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM).
Eskul Atlas misalnya, kata Atmam, setiap tahun mengadakan pameran dan ekspo antar-kelas. Kemudian eskul Bahtera (seni) bekerjasama dengan sanggar seni dari Fakultas Seni Budaya UNM, serta eskul Perak mengadakan sosialisasi bahaya narkoba bekerjasama dengan Badan Nasional Narkoba (BNN).
“Khusus eskul olahraga, anak-anak rajin berlatih dan juga aktif mengikuti berbagai kejuaraan, seperti kejuaraan bola basket, kejuaraan bola voli, kejuaraan karate, dan kejuaraan futsal,” tutur pria kelahiran Barru, 19 Oktober 1970.

Percaya Diri

            Menyinggung manfaat lain yang didapatkan para siswa dengan aktif berorganisasi di eskul, dia mengatakan, para siswa yang aktif dalam kepengurusan dan kegiatan eskul umumnya lebih mandiri dan lebih percaya diri.
            “Secara umum, anak yang ikut eskul lebih percara diri di kelas, termasuk dalam berinteraksi dengan guru. Rata-rata juga menjadi siswa terbaik di kelas masing-masing. Kegiatan eskul juga mengurangi terjadinya gesekan antar-siswa, karena kegiatan eskul menjadi tempat pelampiasan energy, dan satu lagi, mental mereka umumnya bagus,” papar Atmam. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply