iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » STIM Lasharan Jaya Makassar Gelar Workshop Dasar SPSS, PLS, dan AMOS


Pedoman Karya 3:27 AM 0


WORKSHOP PENGOLAHAN DATA. Puluhan dosen dan mahasiswa pascasarjana akan mengikuti Workshop Dasar SPSS, PLS, dan AMOS yang digelar oleh STIM Lasharan Jaya (STIMLash Jaya) Makassar, di Gedung Lasharan Garden, Jl Abdullah Daeng Sirua, Makassar, 21-22 Februari 2018. 





----
Sabtu, 17 Februari 2018


STIM Lasharan Jaya Makassar Gelar Workshop Dasar SPSS, PLS, dan AMOS

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Puluhan dosen dan mahasiswa pascasarjana akan mengikuti Workshop Dasar SPSS, PLS, dan AMOS yang digelar oleh STIM Lasharan Jaya (STIMLash Jaya) Makassar, di Gedung Lasharan Garden, Jl Abdullah Daeng Sirua, Makassar, 21-22 Februari 2018.
“Sampai sekarang sudah ada dua puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi yang mendaftar,” kata Muhammad Amsal Sahban PhD, penanggungjawab sekaligus instruktur pada workshop tersebut, kepada “Pedoman Karya”, di Kampus STIMLash Jaya Makassar, Sabtu, 17 Februari 2018.
Workshop Dasar SPSS, PLS, dan AMOS, katanya, merupakan pelatihan pengolahan data penelitian dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science), SEM (Structural Equation Model), dan PLS (Partial Least Square).
“Tidak dapat kita sangkal bahwa penelitian merupakan aspek yang cukup penting dikalangan akademisi terutama para dosen dan mahasiswa, tetapi banyak juga dari mereka yang putus asa dengan kegiatan penelitian ini, karena mereka tidak sanggup mengumpulkan dan mengolah datanya,” ungkap Amsal.
Untuk itulah, lanjutnya, diperlukan keterampilan khusus dalam mengolah data penelitian untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat.
“Menjawab tantangan itulah, kami dari STIM Lasharan Jaya Makassar menggelar workshop olah data penelitian dengan menggunakan program SPSS dan SEM. Workshop ini didesain khusus untuk para dosen, mahasiswa program pascasarjana, dan peneliti lainnya yang ingin meneliti menggunakan software tersebut,” papar Amsal.
Dalam workshop tersebut, katanya, para peserta akan mempelajari fundamental atau dasar-dasar teori SPSS, PLS, dan AMOS, khususnya dalam penelitian manajemen, ekonomi, dan bisnis, serta akan langsung praktek mengoperasikan SPSS, PLS, dan AMOS, sekaligus membuat dan menginterpretasikan hasil penelitian.
Setelah mengikuti workshop, kata Amsal, para peserta diharapkan telah menguasai dasar-dasar SPSS, PLS, dan AMOS, mampu membedakan uji regresi, uji korelasi, dan uji komparasi, memahami uji validitas dan uji reabilitas,.
“Juga memahami uji asumsi klasik, serta mampu menginpretasikan hasil penelitian,” jelas Amsal. (as)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply