iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Peserta UNBK SMA 1 Gowa Tertinggi di Sulsel


Pedoman Karya 10:40 PM 0


TERTINGGI DI SULSEL. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gowa mencatat rekor sekolah dengan terbanyak peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)-nya pada tahun 2017/2018. Tidak tanggung-tanggung, jumlah hampir mencapai 750 orang, tepatnya 747 orang. (Foto: Asnawin/PEDOMAN KARYA)





-------
Rabu, 28 Maret 2018



Peserta UNBK SMA 1 Gowa Tertinggi di Sulsel


- Diikuti 750 Siswa
- UNBK Dibagi Tiga Sesi

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gowa mencatat rekor sekolah dengan terbanyak peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)-nya pada tahun 2017/2018. Tidak tanggung-tanggung, jumlah hampir mencapai 750 orang, tepatnya 747 orang.

 “Peserta UNBK kami terbanyak di Sulsel tahun ini,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gowa, Drs Muhammad Arsyad, kepada “Pedoman Karya”, Rabu, 28 Maret 2018.
Dengan peserta sebanyak itu, pihak sekolah membagi tiga sesi pelaksanaan UNBK setiap harinya, serta menyiapkan tujuh server utama jaringan internet dan dua server cadangan, karena setiap satu server hanya mampu menampung maksimal 40 unit komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet.
Muhammad Arsyad mengakui bahwa sekolah yang dipimpinnya tidak memiliki komputer sebanyak yang dibutuhkan, sehingga pihaknya menawarkan kepada orangtua siswa, guru, dan para alumni untuk membantu meminjamkan computer atau laptopnya.
“Alhamdulillah, terkumpul 280 unit komputer dan laptop. Selain yang dimiliki sekolah, juga ada pinjaman dari guru, alumni, dan siswa,” ungkap mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bontomarannu, Gowa.
Menyinggung upaya pihak sekolah dalam membantu para siswa agar lebih siap menghadapi UNBK maupun Ujian Nasional Berskala Nasional (USBN), Arsyad mengatakan siswa diberi jam pelajaran tambahan sejak Desember 2017.
Jam pelajaran tambahan atau pengayaan tersebut diisi dengan pemberian tambahan materi pelajaran dan latihan mengerjakan kisi-kisi ujian nasional.
“Pembimbingan kepada siswa digenjot melalui pemantapan mata pelajaran dan berbagai simulasi,” kata Arsyad, seraya menambahkan bahwa di sekolahnya ada tiga jurusan yang dibuka yakni Jurusan IPA, Jurusan IPS, dan Jurusan Bahasa.

1.600 Siswa

Selain terbanyak peserta UNBK-nya pada tahun pelajaran 2017/2018 di Sulsel, SMA Negeri 1 Gowa (dulu lebih dikenal dengan nama SMA Salis, singkatan dari SMA 159/satu lima Sembilan) juga termasuk terbanyak siswanya yakni 1.600 orang.
Jumlah guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak kurang lebih 40 orang, sedangkan selebihnya adalah tenaga guru honorer.
Arsyad mengaku baru tiga bulan bertugas di sini (dilantik pada Desember 2017), sehingga banyaknya jumlah siswa yang mencapai 1.600 orang merupakan kebijakan pimpinan sebelumnya yang juga masih di bawah kendali pemerintah kabupaten, sedangkan sekarang kendali pengelolaan SMA dan SMK sudah berada di tangan pemerintah provinsi.
“Tahun ini kami akan kurangi jumlah siswa baru yang akan diterima. Kalau tahun lalu ada 20 rombel (rombongan belajar), maka tahun ini kami hanya akan menerima sembilan rombel. Jadi jumlah siswa yang akan kami terima jauh di bawah jumlah tahun lalu,” kata Arsyad. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply