iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Pulau Tanakeke Memang Harus Jadi Kecamatan


Pedoman Karya 11:30 PM 0




Pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke sangat diperlukan karena masyarakat yang berdomisili di gugusan pulau-pulau Tanakeke butuh pelayanan lebih cepat dan dekat. Pengembangan objek wisata dan pembangunan di Pulau Tanakeke juga akan lebih cepat jika sudah terbentuk pemerintahan kecamatan setempat. Inzet: Zainuddin Nakku.


---------
Senin, 14 Mei 2018


Pulau Tanakeke Memang Harus Jadi Kecamatan


TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Tanakeke yang terdiri atas 12 pulau berdekatan satu sama lain dan secara administratif terdiri atas lima desa dalam wilayah Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar, memang sudah harus dimekarkan menjadi kecamatan.
Pembentukan kecamatan itu sangat diperlukan karena masyarakat yang berdomisili di gugusan pulau-pulau Tanakeke butuh pelayanan lebih cepat dan dekat. Pengembangan objek wisata dan pembangunan di Pulau Tanakeke juga akan lebih cepat jika sudah terbentuk pemerintahan kecamatan setempat.
“Kami sebagai masyarakat pulau, menyambut dengan sangat gembira rencana pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke. Kami memang sudah lama mendambakan terbentuknya Kecamatan Kepulauan Tanakeke, karena secara otomatis semakin dekat yang namanya pelayanan dalam segala hal kepada masyarakat,” kata salah seorang tokoh pemuda asal Tanakeke, Zainuddin Nakku, kepada “Pedoman Karya”, di Takalar, Senin, 14 Mei 2018.
Zainuddin yang juga Direktur Riset dan Kajian Publik (REKAP), salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Takalar, mengatakan, pemekaran kecamatan dan pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke merupakan langkah maju buat Pemkab Takalar.
“Saya kira merupakan langkah maju dan kami berharap pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke dapat segera terealisasi,” kata Zainuddin.
Dia kemudian menyebutkan nama-nama desa yang ada di Pulau Tanakeke, yaitu Desa Maccini Baji, Desa Mattiro Baji, Desa Rewataya, Desa Tompo Tanah, dan Desa Balang Datu.
Zainuddin juga menyebutkan 12 pulau yang ada di Tanakeke, yakni Pulau Dande Dandere, Pulau Batu Ampara, Pulau Tompo Tanah, Pulau Kampong Bugisi, Pulau Bauluang, Pulau Satangnga, Pulau La'bo Tallua, Pulau Lantang Peo, Pulau Pakkondoang, Pulau Bangko Tonggia, dan Pulau Batu Ampara.
“Jumlah penduduk di Tanakeke sekitar 12 ribu orang, dengan mata pencaharian utama yaitu pertanian, perikanan, tambak, dan nelayan,” sebut Zainuddin.
Menyinggung desa yang paling cocok menjadi ibukota kecamatan jika Kecamatan Kepulauan Tanakeke terbentuk dia mengatakan masyarakat setempat sudah sepakat menunjuk Desa Maccini Baji.
“Ibu kota kecamatan sudah disepakati terletak di Desa Maccini Baji, dengan alasan di sana Kantor PLN Rayon Tanakeke. Juga ada sekolah TK, SD, SMP, SMA, dan pasar. Desa Maccini Baji juga lokasinya strategis karena terletak di tengah-tengah dari sejumlah pulau yang ada di Tanakeke,” jelas Zainuddin. (hasdar sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply