iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Toples Zaman Old dan Toples Zaman Now


Asnawin Aminuddin 3:27 PM 0



TOPLES pada mulanya berfungsi sebagai tempat menyimpan kue untuk dihidangkan di meja ruang tamu atau di atas hamparan tikar di lantai bila ada acara-acara pesta di rumah, tapi kini toples juga sudah diisi dengan aksesoris ponsel. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)




---

PEDOMAN KARYA
Sabtu, 05 Mei 2018


Toples Zaman Old dan Toples Zaman Now


Oleh: Asnawin Aminuddin
(Pengurus Ikatan Penulis Indonesia Makassar / IPIM Sulsel)

TOPLES pada mulanya berfungsi sebagai tempat menyimpan kue untuk dihidangkan di meja ruang tamu atau di atas hamparan tikar di lantai bila ada acara-acara pesta di rumah.
Toples juga mudah dijumpai di toko atau kios yang menjual makanan atau bahan campuran kebutuhan sehari-hari. Toples-toples tersebut biasanya dipajang dan berisi kue atau permen alias gula-gula.
Namun seiring perubahan dan perkembangan zaman, dari zaman old ke zaman now, fungsi toples pun ikut berubah. Toples tidak lagi hanya sebagai tempat kue atau permen, tapi juga bisa diisi dengan kabel charge handphone atau aksesoris handphone.





Pemandangan jejeran toples berisi aksesoris handphone di toko atau kios ponsel (telepon seluler), kini sudah menjadi pemandangan biasa, terutama bagi anak-anak zaman now, tapi tidak bagi anak-anak zaman old yang kini sudah berusia setengah abad atau lebih.
Bagi anak-anak zaman old, toples sangat identik dengan kue, apalagi pada bulan Ramadhan menjelang lebaran dan setelah lebaran.
Karena sudah identik dengan kue dengan sebutan kue lebaran, maka selalu ada perasaan gembira bila anak-anak zaman old pergi bertamu dan melihat banyak toples berisi kue di rumah keluarga dalam suasana lebaran.
Suasana gembira seperti itu mungkin masih terasa pada suasana lebaran di kampung, tapi masihkah suasana yang sama juga terasa di kota-kota besar?
Yang pasti, nilai "kesakralan" toples kini sudah berkurang. Toples tidak lagi identik dengan kue-kue, karena toples zaman now sudah banyak yang berisi aksesoris ponsel, bukan berisi kue.

Gowa, 05 Mei 2018

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply