iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Ratusan Warga Makassar Periksa Tekanan Darah, YJI Sulsel: Mereka Peduli Kesehatan


Pedoman Karya 2:36 AM 0


SENAM JANTUNG SEHAT. Ketua Yayasan Jantung Indonesia Sulsel, Majdah Agus Arifin Nu’mang, memberikan kata sambutan sebelum dimulainya olahraga senam jantung sehat dan senam aerobik dalam rangka Hari Hipertensi se-Dunia, di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Ahad, 15 Juli 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)





-------

Rabu, 18 Juli 2018


Ratusan Warga Makassar Periksa Tekanan Darah, YJI Sulsel: Mereka Peduli Kesehatan


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sulsel dr Hj Majdah Agus Arifin Nu’mang, mengaku salut dan bangga, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada sekitar 500 ratus warga Kota Makassar memanfaatkan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara gratis.
“Saya salut dan bangga atas kesadaran warga Kota Makassar yang datang berbondong-bondong pada pemeriksaaan tekanan darah dan gula darah secara gratis yang kami adakan dalam rangka Hari Hipertensi se-Dunia 2018, di Makassar,” kata Majdah, kepada wartawan di Makassar, Rabu, 18 Juli 2018.
Pemerksaan tekanan darah dan gula darah secara gratis digelar YJI Cabang Utama Sulsel bekerjasama YJI Pusat yang disponsori PT Omron Healthcare Indonesia, di Monumen Mandala, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Ahad, 15 Juli 2018.
Selain periksa tekanan darah dan gula darah, ratusan anggota Klub Jantung Sehat (KJS) Lokasi se-Kota Makassar bersama Ketua Umum YJI Pusat, Ny Syahlina Zuhal, dan ratusan masyarakat umum, juga mengikuti olahraga senam jantung sehat dan senam aerobik yang dipandu beberapa instruktur dari YJI Sulsel dan YJI Pusat.
“Kedatangan mereka untuk periksa tekanan darah dan gula darah, sekaligus berolahraga bersama, menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap kesehatan, bahwa mengenal lebih dini gejala tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit sangat penting bagi kesehatan,” tutur Majdah yang sehari-hari menjabat Rektor Universitas Islam Makassar (UIM).
Ketua YJI Pusat Syahlina Zuhal pada peringatan Hari Hipertensi se-Dunia di Monumen Mandala Makassar, Ahad, 15 Juli 2018, mengatakan, tema peringatan Hari Hipertensi se-Dunia tahun 2018 yang disponsori PT Omron Healthcare Indonesia, yaitu “Kenali Tekanan Darah Anda.”
Dia mengatakan, Hipertensi telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, dimana 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara yang 1/3 populasinya menderita hipertensi, sehingga dapat menyebabkan peningkatan beban biaya kesehatan.
Hipertensi yang tidak mendapat penanganan yang baik, katanya, menyebabkan komplikasi seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Diabetes, Gagal Ginjal dan Kebutaan. Stroke (51%) dan Penyakit Jantung Koroner (45%) merupakan penyebab kematian tertinggi.
“Menurut data Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014, Hipertensi dengan komplikasi sebesar 5,3 persen, merupakan penyebab kematian nomor lima pada semua umur,” sebut Syahlina. (kia-nov)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply