iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Mendidik Perspektif Psikologi


Pedoman Karya 6:04 AM 0


Judul: Mendidik Perspektif Sikologi
Ukuran: Unesco
Jenis Kertas: HVS 70 Gsm
Laminasi Cover: Glossy (Mengkilap)
Tebal: 244 Halm
Berat: 351 Gram
Bisa pesan online: Bukalapak, Tokopedia, Shopee,instagram) E-Book ( Ejakarta dan Google Play Books) 



-------

PEDOMAN KARYA
Jumat, 21 September 2018


Resensi Buku


Mendidik Perspektif Psikologi


Kata Mendidik, satu kata kerja tetapi penuh makna. Dari satu kata tersebut akan muncul pertanyaan “siapa yang mendidik?”; “kapan mendidik yang tepat?”; “di mana mendidik itu dilakukan?”; “mendidik siapa?”; “mendidik apa?”; mendidik dengan apa?”.

Ternyata satu kata dapat melebar kemana-mana, tergantung darimana kita memandang. Pandangan dari sisi psikologi ini menjadi modal yang sangat penting untuk mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sejatinya, pendidikan memberikan sebuah efek yang positif terhadap individu agar mampu memahami, mengamati dan menerapkan lewat ucapan dan perbuatan maka nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan dijadikan sebagai dasar utama dalam benteng kehidupan.

Mendidik perlu sebuah kepekaan dalam setiap individu atau kelompok agar mampu memberikan pengaruh yang positif. Selain itu, ikut membentuk kepribadian dan rasa kepemilikan dari apa yang diterapkan dalam diri setiap individu.

Manusia melalui potensi rasa, cipta, dan karsa, akan terus berkembang sesuai dengan lingkungannya, sehingga proses pendidikan secara umum berjalan melalui tiga wadah, yaitu keluarga sebagai pendidikan pertmaa, sekolah sebagai pendidikan kedua, dan masyarakat sebagai pendidikan disebut tripusat pendidikan.

Oleh karena itu, penting untuk dipahami bagaimana proses pendidikan bagi anak yang berlangsung melalui tripusat pendidikan tersebut, khususnya perkembangan kejiwaan anak. Untuk mengetahui bagaimana kejiwaan dan kepribadian anak berkembang sesuai dengan usia, bakat, dan potensi anak, penting bagi semua kelompok (orangtua, tenaga pendidik,masyarakat) untuk mengetahui tentang ilmu psikologi pendidikan.

Buku yang layak dibaca, terutama bagi kalangan orangtua, pendidik, remaja, dan para praktisi di bidang perkembangan anak. Serta memberi wawasan dan panduan bagi para pendidik dalam praktik untuk mengembangkan karakter dan kecerdasan anak. Penjelasan konsep teori serta tips praktis yang diberikan akan mengantar pembaca memahami kondisi mental anak yang kemudian dapat di rancang pendidikan terbaik bagi mereka.
Buku ini terdapat delapan bab. Setiap bab memberikan penjelasan yang sangat kompleks dan cakupanya mampu mengantarkan pembaca memahami lebih dalam dari isi materi yang dipaparkan. Juga mengaitkan bagaimana peran lembaga pendidikan, sosial, pemerintahan serta di lingkup keluarga sendiri, sehingga para pembaca mampu memahami dari setiap peran lembaga dalam proses penerapan pendidikan.

Buku yang dihadirkan penulis dengan gayanya diurai dari awal sampai akhir ini, dapat membantu pembaca memahami role dan rule sesuai dengan situasi dan setting masing-masing, apakah mendidik akan dilakukan di rumah dengan kapasistas sebagai orang tua, mendidik dilakukan di sekolah, dengan kapasitas sebagai guru, di masyarakat sebagai kepala unit di masyarakat, di pemerintahan sebagai pemimpin.

Semoga karya yang masih sangat sederhana ini mampu memberikan warna positif, baik terhadap diri sendiri, maupun kepada kelompok masyarakat, dan tentunya untuk mewujudkan Indonesia yang memiliki nilai-nilai moralitas terhadap generasi untuk Indosesia di masa akan datang. (win/r)

Keterangan Buku:

Judul: Mendidik Perspektif Sikologi
Ukuran: Unesco
Jenis Kertas: HVS 70 Gsm
Laminasi Cover: Glossy (Mengkilap)
Tebal: 244 Halm
Berat: 351 Gram
Bisa pesan online: Bukalapak, Tokopedia, Shopee,instagram) E-Book ( Ejakarta dan Google Play Books)

Biodata Penulis:

Nama: Abdul Kadir Sahlan
Asal: Sulawesi Selatan
Pendidikan:
-   S1 (Universitas Muhammadiyah Makassar) 
-  S2 Magister Psikologi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply