iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Kapolres Gowa Geram dengan Berita Hoax


Pedoman Karya 6:18 AM 0


PEMBICARA UTAMA. Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga SIK MSi (kedua dari kanan) foto bersama pengurus JOIN dan pemateri, pada hari pertama Pelatihan Jurnalistik II dan Bimtek UKW JOIN Sulsel, di Balai Diklat BPPAUD-Dikmas Kemdikbud RI, Jl Adhyaksa, Makassar, Kamis, 10 Januari 2019. (ist)






-------

Kamis, 10 Januari 2019


Kapolres Gowa Geram dengan Berita Hoax


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga SIK MSi mengaku geram dengan banyak pemberitaan dan informasi hoax (bohong) yang beredar dan tersebar di tengah masyarakat, karena berita hoax tersebut dapat mengakibatkan munculnya pelanggaran hukum, pembunuhan karakter, kepanikan publik, dan terpecahnya kesatuan dan persatuan bangsa.

“Saya meraga geram,” tandas Shinto Silitonga, saat menjadi pembicara utama pada hari pertama Pelatihan Jurnalistik II dan Bimtek UKW JOIN (Jurnalis Online Indonesia) Sulsel, di Balai Diklat PAUD-Dikmas Kemdikbud RI, Jl Adhyaksa Makassar, Kamis, 10 Januari 2019.

Sehubungan dengan itulah, mantan Kasat Serse Polwiltabes Surabaya mengingatkan perlunya strategi preventif dan representif dalam menghadapi berita hoax.

Alumni Terbaik Akpol Angkatan 1995 juga mengharapkan seluruh media, wartawan, dan khususnya wartawan yang mengikuti Pelatihan Jurnalistik II yang diadakan JOIN Sulsel, agar lebih berhati-hati dan lebih teliti menganalisa kebenaran dan asal usul informasi sebelum memberitakannya secara luas kepada masyarakat.

“Jangan lupa saring informasi sebelum diberitakan,” kata Shinto.

Pada kesempatan tersebut, Shinto bersama Ketua JOIN Sulsel Rifai Manangkasi, Kepala Pusdiklat JOIN Sulsel Zulkarnain Hamson, serta para pengurus JOIN dan peserta pelatihan, membubuhkan tanda-tangan pada selembar spanduk deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian.

Pada hari pertama pelatihan, para peserta juga menerima materi Teknik Penulisan Berita Media Online dari Asnawin Aminuddin (Pelatih Nasional Wartawan PWI / Pemred Majalah Pedoman Karya), serta materi Investigative Reporting dari Ronald Ngantung (Wapimred Harian TribunTimur). (met)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply