iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Mahasiswa STIK Tamalatea Makassar Lakukan Pendataan Kesehatan di Marbo Takalar


Pedoman Karya 12:16 AM 0


PENGALAMAN BELAJAR LAPANGAN. Camat Marbo, Mappaturung (paling kiri), menerima perwakilan mahasiswa STIK Tamalatea Makassar, di Kantor Camat Mangara’bombang, awal Februari 2019. (Foto: Hasdar Sikki / PEDOMAN KARYA)







-------

Ahad, 10 Februari 2019


Mahasiswa STIK Tamalatea Makassar Lakukan Pendataan Kesehatan di Marbo Takalar


Camat Marbo: Data yang Dikumpulkan Mahasiswa Sangat Kami Butuhkan


TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 148 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar melakukan pendataan kesehatan masyarakat selama dua pekan, yakni pekan pertama dan pekan kedua Februari 2019, di Kecamatan Mangara’bombang (Marbo), Kabupaten Takalar.

“Praktek kuliah kali ini adalah PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) 1 selama 12 hari dan kami disebar pada seluruh desa yang ada di Kecamatan Mangara’bombang,” jelas Koordinator Kecamatan PBL 1 Andi Elin Fatmala.

Hal itu ia kemukakan saat bersama salah seorang Koordinator Kelurahan Annes P Ruminding, dan beberapa mahasiswa lainnya, menemui Camat Marbo, Mappaturung SSos, di Kantor Camat Mangara’bombang, awal Februari 2019.

Andi Elin menjelaskan, mereka melakukan pendataan kesehatan dengan cara mendatangi langsung masyarakat.

“Kalau soal kesehatan, kita tidak boleh mengkira-kirakan. Harus pasti. Makanya di kampus kami, begitu masuk semster tiga, kita kuliah sambil praktek,” kata Andi Elin.

Dia menjelaskan, kuliah Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) dilakukan secara bertahap selama enam bulan. Pada tahap pertama atau PBL 1, mahasiswa melakukan pendataan kesehatan langsung di lapangan. Selanjutnya, PBL 2 melakukan inventarisasi, dan PBL 3 melakukan evaluasi.

“Hasil evaluasi itu kemudian kami seminarkan di kampus. Orientasi yang kami lakukan di Kecamatan Marbo ini bukan hanya terhadap orang sakit, melainkan juga terhadap orang sehat, sambil kami memberikan tips-tips bagaimana orang yang sehat dapat tetap sehat,” tutur Andi Elin.

Sangat Penting

Camat Marbo, Mappaturung, mengaku sangat berterima kasih kepada STIK Tamalatea Makassar karena memilih wilayah Kecamatan Mangara’bombang sebagai lokasi praktek Pengalaman Belajar Lapangan (PBL).

“Saya minta tolong kepada adik-adik mahasiswa, dalam mendata jangan asal data, tetapi benar-benar apa yang ditemukan di lapangan, tolong dicatat dengan baik, karena data yang adik-adik temukan di lapangan sangat penting dan sangat kami butuhkan,” kata Mappaturung.

Dia juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Takalar juga program Kader Desa dari instansi kesehatan, sehingga sangat diharapkan mahasiswa STIK Tamalatea Makassar dapat berkoordinasi dengan Kader Desa dalam melakukan pendataan.

“Adik-adik bisa berkordinasi dengan Kader Desa. Dan kami selaku pemerintah kecamatan menyambut baik kedatangan adik-adik semua. Selamat bertugas dan selamat belajar,” kata Mappaturung. (Hasdar Sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply