iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Mantan Bupati Luwu dan Mantan Wabup Wajo Dilantik Kembali


Asnawin Aminuddin 12:16 AM 0


PELANTIKAN BUPATI. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, melantik Bupati Luwu Basmin Mattayang, Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak, Bupati Wajo Amran mahmud, dan Wakil Bupati Wajo, Amran, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jum'at, 15 Februari 2019. (ist)






------

Jum’at, 15 Februari 2019


Mantan Bupati Luwu dan Mantan Wabup Wajo Dilantik Kembali


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mantan Bupati Luwu, Basmin Mattayang, dan mantan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud, dilantik kembali, Jum'at, 15 Februari 2019. Basmin dilantik kembali sebagai Bupati Luwu periode 2019-2024, sedangkan Amran Mahmud dilantik kembali, tapi kali ini sebagai Bupati Wajo periode 2019-2024.

Basmin Mattayang menggantikan Andi Mudzakkar, sedangkan Amran Mahmud menggantikan Andi Burhanuddin Unru, yang juga pernah didampinginya sebagai Wakil Bupati Wajo periode 2009-2014.

Basmin Mattayang didampingi Syukur Bijak sebagai wakil bupati, sedangkan Amran Mahmud  didampingi Amran sebagai wakil bupati. Syukur Bijak juga pernah menjadi Wakil Bupati Luwu mendampingi Andi Mudzakkar (Andi Cakka), sedangkan Wabup Wajo yang kebetulan sama namanya dengan sang bupati, Amran, adalah seorang pengusaha.

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, dalam sambutannya pada acara pelantikan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, yang dihadiri disaksikan ratusan pejabat dan undangan lainnya.

Pejabat yang hadir antara lain beberapa Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel Muhammad Roem Muin, anggota Forkopimda Sulsel, Walikota Palopo, Walikota Makassar Dhany Pomanto, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Wakil Walikota Parepare Pangerang Rahim.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu juga mengaku percaya bahwa duet Basmin Mattayang dan Syukur Bijak, serta duet Amran Mahmud dan Amran dapat berlaku seadil-adilnya, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya.

Nurdin juga merasa yakin bahwa mereka yang telah dilantik tersebut merupakan pemimpin yang berpengalaman.

“Saya mewakili masyarakat menyampaikan selamat kepada Bupati Wajo dan Wakil Bupati Wajo, serta Bupati Luwu dan Wakil Bupati Luwu, juga selamat kepada istri dan keluarga masing-masing,” kata Nurdin.

NA menyampaikan beberapa hal, antara lain dalam dunia pendidikan, termasuk untuk pengangkatan kepala cabang dinas untuk mengajak bicara kepala daerah. Hal ini dalam rangka untuk membangun sinergi bersama, serta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di daerah jika ada program provinsi masuk ke daerah yang belum tentu program daerah.

“Saya yakin banyak usulan masyarakat. Ini tentu butuh sinergi dan kemitraan untuk diselesaikan. Dari hari ke hari kita memberikan perhatian, bahwa teman-teman di Pemprov untuk komunikasi dengan teman-teman pimpinan daerah,” ujar Nurdin.

Dia mengatakan, daerah harus diberdayakan, karena terjadi lonjakan Bantuan Keuangan Daerah dengan daerah diberikan bantuan dalam jumlah yang besar. Tahun 2019 yang belum dapat, tahun depan akan dapat. Diketahui tahun ini bantuan daerah yang ada Rp300 miliar.

Dia juga menyampaikan kepada para bupati,  bahwa coklat yang selama ini menjadi primadona,  sudah mengalami masalah, coklat bukan lagi kebanggaan dan menjadi pekerjaan rumah. Bahkan industri sudah mulai mengimpor coklat.  Hal lainnya, soal benih, melalui Menteri Pertanian dan memberikan respons untuk menjadikan Sulsel sebagai sentra benih coklat.

“Tentu Luwu Raya akan kita jadikan sebagai sentra pembenihan coklat,” sebut Nurdin.

Tahun 1998, katanya, negara-negara maju mengalami krisis, tetapi krisis tersebut justru membawa berkah untuk Sulsel karena adanya komoditas coklat dan kopi serta komoditas lainnya yang ternyata tinggi nilai jualnya secara internasional.

Nurdin yang juga dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) menyampaikan bahwa Sulsel telah melakukan direct call atau pengiriman langsung keluar negeri dan per Juni 2019 juga dijadwalkan akan dibuka direct flight atau penerbangan langsung ke luar negeri, yakni Jepang untuk penerbangan kargo dan penumpang. (met)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply