iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Pendekatan 4C sebagai Peluang Lulusan FKIP


Pedoman Karya 8:28 PM 0





KULIAH PAKAR. Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib, tampil sebagai pembicara pada Kuliah Pakar, di Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Samarinda, Senin, 04 Februari 2019. (ist)






-------


Rabu, 06 Februari 2019


Pendekatan 4C sebagai Peluang Lulusan FKIP


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) hendaknya jangan pernah berkecil hati, karena di manapun nantinya mereka berada, mereka akan tetap dibutuhkan masyarakat.

“Untuk itu, lulusan FKIP perlu memahami dan mengimplementasikan pendekatan 4C sebagai modal untuk masuk dalam dunia global, termasuk dalam dunia usaha,” kata Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Erwin Akib SPd MPd PhD, saat tampil sebagai pembicara pada Kuliah Pakar, di Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Samarinda, Senin, 04 Februari 2019.

Erwin kemudian menjelaskan bahwa pendekatan 4C yaitu critical thinking, communicative competence, creative, dan collaboration.

“Critical thinking, artinya, seorang alumni FKIP harus memiliki kemampuan dalam merumuskan permasalahan hingga mampu melakukan evaluasi dari setiap apa yang dilakukan,” jelas Erwin.

Communicative competence, lanjutnya, artinya alumni FKIP tentu harus terbekali dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan itu dilakukan dengan penguasaan bahasa asing, sehingga bisa membaca peluang peluang yang ada di dunia global ini.

Creative, katanya, yaitu alumni FKIP diharapkan mampu menciptakan produk-produk yang lebih unik dan lebih berbeda dibanding dengan apa yang ada saat ini. Dengan modal pengetahuan yang dimiliki, katanya, maka kreativitas itu dapat tercipta.

“Dan pendekatan yang keempat, yaitu collaboration. Artinya, alumni FKIP dituntut mampu berinteraksi dan berkolaborasi dengan pihak lain, sehingga dapat menemukan peluang-peluang yang memungkinkan untuk mengkreasikan produk yang dapat dipasarkan dan dapat diterima di tengah masyarakat,” tutur Erwin.

Di akhir pemaparannya, Erwin menitipkan pesan kepada para mahasiswa yang hadir untuk tidak berhenti memproses diri dalam meraih apa yang menjadi impiannya.

Today you are a reader, and tomorrow you are a leader (hari ini Anda adalah pembaca, dan besok Anda adalah seorang pemimpin, red),” tutup Erwin

Perjanjian Kerja Sama

Sebelum membawakan materi dalam Kuliah Pakar, Erwin Akib selaku Dekan FKIP Unismuh Makassar menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dan Mutual of Agreement (MoA) dengan Dekan FKIP UMKT Prof Harun SH MH, yang disaksikan ratusan dosen dan mahasiswa FKIP UMKT.

Kuliah Pakar yang dibawakan Erwin Akib merupakan salah satu wujud implementasi kerjasama yang telah ditandatangi antara FKIP Unismuh Makassar dengan FKIP UMKT Samarinda.

“Kami akan mengirim mahasiswa FKIP Unismuh Makassar untuk melaksanakan P2K Nasional di Kaltim bekerjasama FKIP UMKT,” kata Erwin.

Selain akan mengirim mahasiswa, lanjutnya, FKIP Unismuh dan UMKT juga akan melakukan pertukaran dosen untuk melakukan proses pengajaran, mengikuti seminar bersama, dan melaksanakan publikasi penelitian bersama. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply