iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Pengalaman Pertama Menjadi Anggota KPPS


Pedoman Karya 6:22 AM 0


PENGALAMAN PERTAMA. Penulis, Tenriani (paling kiri) foto bersama beberapa Anggota KPPS Pemilu 2019, di TPS 10, Kelurahan Labbakkang, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkep, Rabu, 17 April 2019.(dok pribadi)








--------

PEDOMAN KARYA
Jumat, 19 April 2019


Pengalaman Pertama Menjadi Anggota KPPS



Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg). Pesta lima tahunan ini memang telah lama dinanti-nantikan dan akhirnya terlaksana secara serentak pada Rabu, 17 April 2019, di dalam negeri, dan beberapa hari sebelumnya dilaksanakan bagi warga negara Indonesia di mancanegara.

Sebagaimana di daerah lain, Pemilu juga dilaksanakan di Kabupaten Pangkep (Pangkajene dan Kepulauan), dan seperti diketahui bersama, masyarakat diberikan hak memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Anggota DPR RI, Calon Anggota DPD RI, Calon Anggota DPRD provinsi, serta Calon Anggota DPRD kabupaten/kota.

Yang menarik bagi saya pribadi, selain terdaftar sebagai pemilih, saya juga mendapat pengalaman baru sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pengalaman ini tentu saja tak akan terlupakan karena inilah pertama kalinya saya menjadi Anggota KPPS.

Saya ditempatkan pada TPS (Tempat Pemungutan Suara) 10, Kelurahan Labbakkang, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkep, dan kebetulan semua anggota KPPS juga masih muda-muda kurang lebih sebaya dengan saya, sehingga suasana kerja pun menjadi nyaman.

Dengan suasana kerja yang nyaman, proses pemilihan pun jadi lancar. Proses pemilihan dimulai pada pukul 07.00 Wita dan ditutup pada pukul 13.00 Wita. Jumlah pemilih tercatat sebanyak 254 orang, tetapi yang datang di TPS hanya 204 orang.

Selanjutnya, proses perhitungan suara dimulai pukul 14.00 Wita dan cukup banyak anggota masyarakat yang antusias menyaksikan perhitungan, khususnya perhitungan suara Caprs-Cawapres.

Setelah dilakukan perhitungan suara, ternyata pasangan Capres-cawapres 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin sebanyak 51 suara, sedangkan pasangan Capres-cawapres 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno memperoleh 151 suara. Dua suara lainnya dinyatakan batal. (Tenriani)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply