Mahasiswa Unibos Makassar Ciptakan Beton Variasi Fly Ash dan Semen Sika Grout


CIPTAKAN BETON. Tiga mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, yakni Haslinda, Atkal Gunawan, dan Hayatul, di bawah bimbingan dosen Unibos Amran Setiawan, berhasil menciptakan beton mutu tinggi dengan Variasi Fly Ash dan Semen Sika Grout. (ist)







--------

Selasa, 25 Juni 2019


Mahasiswa Unibos Makassar Ciptakan Beton Variasi Fly Ash dan Semen Sika Grout


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Tiga mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, yakni Haslinda, Atkal Gunawan, dan Hayatul, berhasil menciptakan beton mutu tinggi dengan Variasi Fly Ash dan Semen Sika Grout.

Hasil temuan itu dipresentasekan oleh Haslinda, Atkal Gunawan, dan Hayatul, yang didampingi dosen pembimbing, Arman Setiawan ST MT, di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Bosowa, Sabtu, 22 Juni 2019.

Haslinda selaku ketua tim PKM-Karsa Cipta Unibos menjelaskan bahwa mereka memilih karsa cipta dan prosesi penciptaan Beton Mutu Tinggi dengan Variasi Fly Ash dan Semen Sika Grout karena pada umumnya limbah pembakaran batu bara yang biasa disebut fly ash masih belum terlalu dimanfaatkan secara optimal.

“Fly ash jika tidak dimanfaatkan juga bisa menjadi ancaman bagi lingkungan, karena dapat dikatakan pemanfaatan fly ash akan mendatangkan efek ganda pada tindak penyelamatan lingkungan, yakni penggunaan abu terbang yang dapat memangkas dampak negatif dari sisa bahan. Juga sekaligus mengurangi penggunaan semen portland dalam pembuatan beton yang pastinya lebih ramah lingkungan,” tutur Haslinda yang kini terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Unibos.

Produk tersebut, katanya, bermanfaat untuk mensubtitusi limbah pembakaran batu bara atau fly ash ke dalam penyusun komponen beton dan menambahkan semen sika grout sebagai bahan tambah agar dapat meningkatkan kekuatan tekanan beton.

Arman Setiawan selaku Pembimbing PKM-Karsa Cipta mahasiswa Unibos mengatakan, beberapa komponen pembuatan produk, termasuk Beton Mutu Tinggi dibuat sebanyak 20 sampel beton normal sebagai beton control dan 9 sampel beton variasi.

“Dari beton variasi diharapkan hasil kuat tekan beton mencapai f'c 30 Mpa dengan komponen penyusun, yakni pasir, bp 1-2, bp 2-3,air, fly ash, serta semen sika grout. Kekuatannya telah teruji dengan fungsi yang memiliki nilai lebih,” kata Arman Setiawan. (ima)

----
Baca juga:

Tumbuhkan Budaya Meneliti di Kalangan Mahasiswa 

Karya Dosen dan Mahasiswa Dipamerkan 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama