iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Dinas Pendidikan Sulsel Gelar Pemilihan Ketua OSIS 1.200 SMA dan SMK se-Sulsel


Pedoman Karya 11:25 PM 0


PEMILIHAN KETUA OSIS. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo (kiri) berbincang-bincang dengan Rektor UNM Prof Husain Syam, di Lantai 7 Menara Pinisi UNM, Senin, 12 Agustus 2019. (ist)








--------

Rabu, 14 Agustus 2019


DUNIA SEKOLAH


Dinas Pendidikan Sulsel Gelar Pemilihan Ketua OSIS 1.200 SMA dan SMK se-Sulsel



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan kini sedang merancang Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sekitar 1.200 SMA dan SMK se-Sulsel dan penetapan waktu pelaksanaannya akan ditentukan kemudian.

“Pemilihan Ketua OSIS ini kami singkat dengan nama Pilketos,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo, saat melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam, di Lantai 7 Menara Pinisi UNM, Senin, 12 Agustus 2019.

None–sapaan akrab Irman Yasin Limpo–mengatakan,  pola pemilihan Ketua OSIS tersebut agak mirip dengan Pemilu legislatif yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Proses Pilketos diawali dengan pembentukan Panitia Pemilihan yang berasal dari perwakilan kelas.

“Masing-masing kelas lalu mengajukan calon,” kata None yang berkunjung ke Kampus UNM didampingi beberapa stafnya.

Selain Panitia Pemilihan, juga dibentuk pengawas dan lembaga semacam Mahkamah Konstitusi yang anggotanya berasal dari pengawas sekolah, guru BK, guru Pembina OSIS, dan mantan Ketua OSIS di sekolah bersangkutan.

“Insya Allah pemilihan Ketua OSIS serentak ini akan melahirkan generasi-generasi berkualitas yang memiliki leadership kuat,” kata Irman.

Bebas Tes

Dalam pertemuan dengan Rektor UNM tersebut, kata Irman, juga disepakati bahwa mulai tahun akademik 2019/2020, para Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sulawesi Selatan yang ingin kuliah di Universitas Negeri Makassar (UNM), tidak perlu mengikuti tes sebagaimana calon mahasiswa baru lainnya.

Mulai tahun akademik 2020/2021, katanya, UNM bakal membuka jalur baru penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 mendatang, yakni jalur bebas tes bagi para Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA dan SMK di Sulawesi Selatan.

Hal itu juga dibenarkan Rektor UNM Husain Syam dengan mengatakan, UNM siap menerima para Ketua OSIS SMA dan SMK masuk kuliah di UNM tanpa tes.

“UNM siap menerima Ketua OSIS SMA dan SMK tanpa tes. Apalagi kompetensi akademik, karakter, dan leadership menjadi persyaratan utama bagi calon ketua OSIS di setiap sekolah,” kata Husain. (bur)

--------
Berita terkait: 

Ketua OSIS Bebas Tes Masuk UNM

Irman YL Ungkap Masalah-masalah Pendidikan di Sulsel 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply