iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Rifai Manangkasi, Pendiri JOIN dan Mantan Wakil Ketua PWI Sulsel, Meninggal Dunia


Asnawin Aminuddin 6:41 AM 0


Pendiri organisasi wartawan Jurnalis Online Indonesia (JOIN) dan mantan Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Rifai Manangkasi (52), meninggal dunia, di Luwu Timur, Sulsel, Senin sore, 26 Agustus 2019. (int)






-----
Senin, 26 Agustus 2019


Rifai Manangkasi, Pendiri JOIN dan Mantan Wakil Ketua PWI Sulsel, Meninggal Dunia



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Inna lillahi wainna ilaihi raji'un. Pendiri organisasi wartawan Jurnalis Online Indonesia (JOIN) dan mantan Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Rifai Manangkasi (52), meninggal dunia, di Luwu Timur, Sulsel, Senin sore, 26 Agustus 2019.

Informasi yang beredar di grup-grup WA wartawan dan media, Rifai Manangkasi ditemukan meninggal dunia di sebuah kamar kost, di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur, namun belum diketahui penyebab kematiannya.

Almarhum tiba di Malili, Luwu Timur, Sabtu, 24 Agustus 2019, untuk menghadiri dan membuka pertandingan sepak takraw JOIN Cup. 

Sehari sebelumnya, Rifai berada di Luwu Utara untuk melantik pengurus JOIN Kabupaten Luwu Utara.

Tinggalkan PWI, Dirikan JOIN


Rifai Manangkasi yang kelahiran 02 Juli 1967 adalah salah seorang wartawan senior, pendiri Tabloid Borgol, dan mantan Wakil Ketua PWI Sulsel.

Pada Konferensi PWI Provinsi Sulsel tahun 2015, Rifai maju sebagai Calon Ketua Dewan Kehormatan PWI Sulsel, berpaket dengan Andi Pasangi Wawo yang maju sebagai Calon Ketua PWI Sulsel. 

Namun pada konferensi tersebut, Rifai dan Andi Pasamangi Wawo kalah bersaing dengan Zulkifli Gany Ottoh dan Agus Salim Alwi Hamu yang masing-masing terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan dan Ketua PWI Sulsel.

Dalam kepengurusan PWI Sulsel periode 2015-2020, Rifai Manangkasi ditempatkan sebagai Anggota Dewan Kehormatan, namun ia kemudian meninggalkan PWI dan mendirikan organisasi wartawan Jurnalis Online Indonesia disingkat JOIN.

Setelah mendirikan JOIN, Rifai bergerak cepat membentuk kepengurusan JOIN pada sebanyak mungkin provinsi yang ada di Indonesia.

Perjuangan Rifai akhirnya membuahkan hasil dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Nomor.l AHU- 0008952.AH.01.07, Tahun 2017, tentang pengesahan Badan Hukum Organisasi Jurnalis Indonesia (JOIN), setelah membentuk kepengurusan pada 20 provinsi di Indonesia.

"Saya sekarang jadi Wakil Ketua JOIN Pusat, jabatan ketua umum saya serahkan kepada teman yang tinggal di Jakarta," kata Rifai Manangkasi, saat ngopi bersama penulis, di Makassar, pertengahan Juli 2019. (Asnawin Aminuddin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply