iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » » » PAUD Panrita Takalar Siapkan Ruang Baca untuk Orangtua Murid


Pedoman Karya 7:06 PM 0


RUANG BACA. TK-PAUD Panrita Takalar, di Lingkungan Pangkarode, Kelurahan Patte’ne, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, menyiapkan ruang baca bagi para orangtua atau keluarga pengantar murid. (ist)







--------

PEDOMAN KARYA
Sabtu, 24 Agustus 2019


PAUD Panrita Takalar Siapkan Ruang Baca untuk Orangtua Murid


-          Juga Punya Taman Toga (Tanaman Obat Keluarga)
-          Juara Taman Kanak-kanan Bersih Tingkat Kabupaten Takalar


Orangtua atau keluarga murid Taman Kanak-kanak (TK) - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengantar anaknya ke sekolah biasanya hanya ngobrol-ngobrol sambil menunggu anak-anak mereka pulang, tanpa ada kegiatan berarti, sehingga waktu mereka terbuang sia-sia, bahkan sering membosankan.

 
Menyadari hal tersebut, pihak pengelola TK-PAUD Panrita Takalar, di Lingkungan Pangkarode, Kelurahan Patte’ne, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, menyiapkan ruang baca bagi para orangtua atau keluarga pengantar murid.

Ruang baca tersebut dilengkapi dengan kursi dan meja, serta buku-buku bacaan untuk segala umur, terutama buku-buku keluarga dan buku untuk anak-anak. 

Dindingnya yang dicat warna putih bersih dihiasi dengan gambar dan tulisan yang menarik, sehingga para orangtua yang masuk ke ruang baca tersebut akan merasa nyaman dan tidak bosan, karena dapat bersantai-ria sambil membaca.
 
 
Selain ruang baca, TK-PAUD Panrita juga membuat taman yang diberi nama Taman Toga. Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga.

 Bunga atau pohon yang ditanam di Taman Toga tersebut antara lain pohon binahong merah, sirih, pepaya, kunyit, jahe, kasumba turate, kumis kucing, daun pecah beling, pohon jarak, lengkuas, pandan, jambu biji, dan pohon srikaya.


Juara TK Bersih

TK-PAUD Panrita juga berupaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah, baik di ruang belajar, maupun di ruang-ruang lainnya, serta di taman dan halaman sekolah. Di halaman sekolah, disiapkan kran air bersih dan lap bagi para murid dan orangtua atau keluarga murid. 

Di sekitar kran air tersebut juga terdapat beberapa pot bunga yang membuat pemandangan menjadi sejuk, sehingga para murid dan orangtua atau pengantar murid akan merasa nyaman saat berada di lingkungan sekolah TK-PAUD Panrita.

Karena kepiawaiannya menjaga kebersihan dan keindahan itulah, TK-PAUD Panrita keluar sebagai Juara Pertama Lomba TK Bersih Tingkat Kabupaten Takalar Tahun 2019. Pengumuman pemenang lomba dilakukan di Rumah Jabatan Bupati Takalar, pada acara malam ramah tamah 17-an, pertengahan Agustus 2019.

“Saya sangat terharu dengan hasil yang diumumkan. Alhamdulillah, PAUD Panrita bisa menduduki peringkat pertama Lomba Sekolah TK Bersih Tingkat Kabupaten Takalar,” ungkap Kepala Sekolah TK-PAUD Panrita, Ratnawati SPd MPd, kepada Pedoman Karya, di Takalar, Selasa, 20 Agustus 2019.

Sebagai wujud rasa syukur, Daeng Ti’no’, sapaan akrab Ratnawati, berjanji akan terus-menerus menjaga kebersihan dan keindahan sekolah. Bukan sekadar menjaga citra sebagai juara, melainkan sekaligus untuk membuat para murid dan orangtua atau keluarga murid menrasa nyaman apabila mereka berada di lingkungan sekolah TK-PAUD Panrita.

“Menjaga kebersihan itu adalah pekerjaan mulia. Mungkin setiap anak didik belum tentu bisa menjaga kebersihan, tapi mereka tentu suka dengan kebersihan. Lingkungan belajar yang bersih akan mampu melahirkan pikiran jernih, serta menumbuhkan kreativitas dan inovasi,” tutur Daeng Ti’no’. (Hasdar Sikki)

--------
Artikel terkait:


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply