iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Pemerintah Gagal Tekan Pengangguran


Asnawin Aminuddin 3:55 AM 0


PENGANGGURAN. Yang ditekan bukan pengangguran atau orang yang sedang menganggur, melainkan angka atau jumlahnya dengan cara memperbanyak lapangan pekerjaan dan mempermudah masyarakat mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan kerja baru.





-------
PEDOMAN KARYA
Minggu, 01 September 2019


BAHASA

Pemerintah Gagal Tekan Pengangguran



Sebuah koran harian membuat judul berita, “Pemkab Gagal Tekan Pengangguran”. Sepintas lalu, tidak ada masalah dengan judul berita ini, karena para pembaca umumnya pasti tahu apa yang dimaksudkan dalam judul ini, yaitu pemerintah gagal menekan angka pengangguran.

Namun secara bahasa, judul ini tentu saja bermasalah, karena tidak mungkin pemerintah menekan pengangguran. Tidak mungkin pemerintah menekan orang yang tengah menganggur karena tidak punya pekerjaan tetap.

Yang ditekan bukan pengangguran atau orang yang sedang menganggur, melainkan angka atau jumlahnya dengan cara memperbanyak lapangan pekerjaan dan mempermudah masyarakat mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan kerja baru.

Dengan demikian, tentu akan lebih baik apabila judulnya dilengkapi dengan kata “Angka” di antara kata “Tekan” dan “Pengangguran”, sehingga judulnya menjadi “Pemkab Gagal Tekan Angka Pengangguran.”

Mohon maaf, ini sekadar curhat seorang pembaca. Terima kasih.

Ahad, 01 September 2019
Asnawin Aminuddin

-----
Baca juga:

Tokoh Masyarakat 

Menggunduli 

Diakhiri 
 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply