iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Warga Sulsel di Wamena Divakuasi ke Jayapura


Pedoman Karya 10:48 PM 0


BEZUK MAHASISWA. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (paling kanan) bersama Kapolda Sulsel Mas Laupa, dan Walikota Makassar Iqbal Samad Suhaeb, membezuk mahasiswa korban aksi unjukrasa di Rumah Sakit ibnu Sina, Makassar, Ahad, 29 September 2019. (ist)





-------

Ahad, 29 September 2019



Warga Sulsel di Wamena Divakuasi ke Jayapura


-        Gubernur Sulsel dan Kapolda Sulsel Segera ke Papua


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Situasi dan kondisi di Wamena hingga kini belum kondusif pasca-kerusuhan beberapa hari lalu yang mengakibatkan terjadinya kebakaran rumah, toko, dan kantor, serta tewasnya sejumlah orang, termasuk warga asal Sulawesi Selatan.

Pemerintah setempat bersama aparat TNI dan Polri kemudian mengamankan warga asal Sulsel yang berada di Wamena untuk dievakuasi ke Kota Jayapura, sebagian sudah dievakuasi, sedangkan sebagian lainnya ditampung di markas TNI dan di Markas Polri.

“Kondisi di Wamena sudah mulai membaik dibandingkan kemarin, kami memastikan bahwa warga Sulsel agar segera dievakuasi untuk mendapat perlindungan di kantor TNI-Polri, dan ke kota Jayapura,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, kepada wartawan seusai bersama

Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, dan Walikota Makassar Iqbal Samad Suhaeb, membezuk mahasiswa korban aksi unjukrasa di Rumah Sakit ibnu Sina, Makassar, Ahad, 29 September 2019.

Nurdin mengaku kepastian tersebut ia peroleh setelah dirinya berkoordinasi dengan Kepala Bappeda Papua, Muhammad Musa’ad, yang juga berasal dari Sulsel.

Dia mengatakan tidak menutup kemungkinan, dirinya bersama Kapolda Sulsel akan berkunjung ke Papua dalam waktu dekat.

Secara terpisah, Sekprov Sulsel Abdul Hayat menyatakan bahwa Pemerintah Sulsel telah menyiapkan tim medis untuk  merespons perkembangan yang terjadi di Papua, khususnya di Wamena.

Hal yang sama juga disampaikan Plt Kadis Kesehatan Sulsel dr Bachtiar Baso, dan mengatakan bahwa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, serta dengan Dinas Sosial Sulsel.

“Kami sudah siapkan tim untuk itu. Kemarin saya langsung menjemput tiga jenasah dari Wamena di Bandara Hasanuddin,” ungkap Bachtiar.

Dia juga mengemukakan bahwa pihaknya bersama beberapa instansi terkait telah menyiagakan tim di Posko Krisis Kesehatan Dinkes Sulsel berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Sultan Hasanuddin. (jia)

-------
Baca juga:

Lahir di Enrekang, Besar di Papua, Jadi Bupati di Luwu Utara 

Ratusan Calon Maba Asal Papua Ikut Bela Negara di Rindam XIV/Hasanuddin 

Pasukan Elit Kodam VII/Wirabuana Jaga Perbatasan RI-Papua Nugini 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply