iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Ibu-ibu, Pelajar, dan Pemuda Diikutkan Pelatihan di Kalabbirang Takalar


Pedoman Karya 6:51 PM 0


KARANG TARUNA. Wakil Bupati Takalar, Haji De'de (berdiri, keenam dari kiri) dan Lurah Kabbirang, Daeng Baji' (berdiri, kelima dari kiri) foto bersama pengurus Karang Taruna Sikalabbirang dan tokoh masyarakat, di Ruang Rapat Umum Kantor Kelurahan Kalabbirang, Kamis, 10 Oktober 2019. (ist)





--------

PEDOMAN KARYA
Jumat, 11 Oktober 2019


Ibu-ibu, Pelajar, dan Pemuda Diikutkan Pelatihan di Kalabbirang Takalar


-          Haji De’de Lantik Pengurus Karang Taruna Sikallabirang


Ada-ada saja ide dan cara Lurah Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Bansuhari Said SAP MSi, untuk melibatkan warganya dalam berbagai pelatihan demi peningkatan kapasitas dan pemberian tambahan keterampilan guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

Belum genap satu bulan melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pengelolaan Sampah Organik dan Non-organik, Pemerintahan Kelurahan Kalabbirang di bawah kepemimpinan Daeng Baji’, sapaan akrab Bansuhari, kembali mengadakan kegiatan pelatihan.

Pelatihan dan Pengelolaan Sampah Organik dan Non-organik, digelar di Takalar pada 26-28 September 2019, dan dilanjutkan studi kelayakan di Makassar pada 30 September 2019. Pelatihan tersebut diikuti 60 peserta perwakilan sekolah, kader kelurahan, mahasiswa, pemuda karang taruna, dan tokoh masyarakat.

Pada Kamis, 10 Oktober 2019, Pemerintah Kelurahan Kallabiran kembali menggelar pelatihan, dan kali ini diperuntukkan bagi para pemuda. Kegiatan tersebut diberi nama Pelatihan Kapasitas Karang Taruna Sikalabbirang, dan dilangsungkan di Ruang Rapat Umum Kantor Kelurahan Kalabbirang.

Jika Pelatihan dan Pengelolaan Sampah Organik dan Non-organik dihadiri langsung Bupati Takalar, Syamsari Kitta, maka Pelatihan Kapasitas Karang Taruna Sikalabbirang dihadiri Wakil Bupati Takalar, H Achmad Dg Se’re yang akrab disapa Haji De’de.

Haji De’de yang sekaligus hadir sebagai Pembina Karang Taruna Kabupaten Takalar, mengemukakan pentingnya berorganisasi dan pentingnya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri para pemuda.

“Saya bangga kepada karang taruna Kelurahan Kalabbirang dan karang taruna yang telah berperan aktif, serta memberikan kegiatan positif untuk lingkungan di sekitarnya,” kata Haji De’de.
Haji De’de yang kini Ketua Partai Nasdem Kabupaten Takalar, berharap Karang Taruna Sikalabbirang dapat menjadi Karang Taruna Percontohan di Kabupaten Takalar.

Tiga Macam Disiplin

Mantan Anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan, ada tiga macam kedisiplinan yang perlu diterapkan oleh para pemuda dalam kehidupan sehari-hari, yakni disiplin pribadi, disiplin lingkungan, dan disiplin nasional.

“Disiplin merupakan pembelajaran atau pelatihan dalam memenej diri, terutama dengan mengacu kepada disiplin dalam ajaran agama Islam, mulai bangun pagi, shalat subuh, kemudian beraktivitas pada siang hari, hingga kemudian tidur lagi pada malam hari, semua itu diajarkan dalam ajaran Islam,” kata Haji De’de.

Disiplin lingkungan, lanjutnya, terutama dalam lingkungan masyarakat, karena pemuda harus bisa berperan aktif di tengah lingkungan dalam sistem berkerja sama seperti gotong royong dan rasa kekeluargaan yang erat.

“Disiplin nasional, dalam hal ini wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap keanekaragaman suku, ras, dan agama, serta bangsa yang luas dari Sabang sampai Merarauke dalam bentuk Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Haji De’de.

Usai memberikan sambutan, Haji De’de selaku Wakil Bupati Takalar melantik pengurus Karang Taruna Sikalabbirang periode 2019-2021. Setelah pelantikan, Haji de’de kemudian membawakan materi tentang Kebijakan Pemerintah Kabupaten Takalar terkait Organisasi Kepemudaan, khususnya Organisasi Karang Taruna.

Karang Taruna Terbaik

Senada dengan harapan Haji De’de, Lurah Kalabbirang Bansuhari Said juga mengharapkan Karang Taruna Sikallabirang dapat menjadi karang taruna terbaik di Kabupaten Takalar.

Daeng Baji’ yang sekaligus mewakili Camat Pattallasssang, mengemukakan, Karang Taruna Sikallabirang sebenarnya baru dibentuk kembali setelah cukup lama tidak aktif.

“Apa yang kami lakukan ini adalah bentuk rasa peduli kami terhadap pemuda agar para pemuda di Kelurahan Kalabbirang memiliki wadah berorganisasi, karena para pemuda sesungguhnya mampu berkreasi dan berinovasi dan kami menginginkan ada kaderisasi pemuda di Kelurahan Kalabbirang,” kata Daeng Baji’. (Hasdar Sikki)



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply