iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Putra Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar Juara III Taekwondo Poltek Cup 2019


Pedoman Karya 6:56 PM 0


JUARA III. Zamrud Ichsan Rafi (kiri) foto bersama pelatihnya, Sabem Erni, seusai menerima medali perunggu dari Kelas Under 63 Kg pada Kejuaraan Taekwondo Poltek Cup 2019 Open Tournament Kyorugi & Poomsae, di Lapangan Tenis Indoor Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, 25-27 Oktober 2019. (Foto: Iwan Perwira)






------


Rabu, 30 Oktober 2019


Putra Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar Juara III Taekwondo Poltek Cup 2019

- Zamrud Ichsan Rafi Siswa Kelas X SMA Athirah Baruga Makassar


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Zamrud Ichsan Rafi, putra kedua dari pasangan Dr Iwan Perwira dan Dr Hernita Sahban Liba (Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar), berhasil meraih juara III atau medali perunggu pada Kejuaraan Taekwondo Poltek Cup 2019 Open Tournament Kyorugi & Poomsae, di Lapangan Tenis Indoor Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, 25-27 Oktober 2019.

Rafi, sapaan akrab Zamrud Ichsan Rafi, bertanding di Kelas Under 63 Kg. Di kelas ini, juara I diraih Venly dari TKD PAC, diikuti Ahmad Riyadi TKD Pinrang sebagai juara II, sedangkan Rafi keluar sebagai juara III bersama Ahmad Ardani, keduanya TKD PNUP.

Kejuaraan yang digelar oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ini diikuti lebih dari 300 taekwondo-in se-Indonesia Timur.

“Bertanding itu menyenangkan, memacu adrenalin,” kata Rafi, yang merupakan cucu politikus senior, H Zainal Bintang.

Ini adalah kali ketiga bagi siswa kelas X SMA Athirah Baruga Makassar yang kini berusia 15 tahun, menjadi juara. Sebelumnya, Rafi berhasil meraih juara pada dua Tournamen Taekwondo di Kota Makassar, yakni juara III Smunel Cup 2012 dan juara III pada UIN Cup 2015.

Rafi yang penyandang sabuk merah, sempat vakum dari olahraga beladiri asal Korea itu selama tiga tahun, tepatnya ketika ia memasuki dunia sekolah menengah pertama (SMP) tahun 2015.

Kala itu, Rafi yang menjadi siswa SMP TELKOM Makassar, “jatuh cinta” kepada cabang olahraga bola basket. Seiring waktu berjalan, selama tiga tahun itu pula, olahraga taekwondo jadi terabaikan, padahal remaja kelahiran tahun 2004 ini sudah menggeluti beladiri taekwondo sejak duduk di bangku kelas 2 SD, ketika berusia 8 tahun, hingga tamat SD, pada usia 12 tahun.


“Saya sebenarnya sudah berulang kali membujuknya untuk kembali menggeluti taekwondo, namun baru saat SMA ini, Rafi mengikuti saran saya,” kata Hernita, ibu Rafi yang juga mantan taekwondoin.

Masa latihan kurang lebih satu bulan serta di bawah bimbingan dan latihan dari Sabem Erni, akhirnya cucu Ketua Yayasan Lasharan Jaya Makassar, Dr H Sahban Liba ini membuktikan kemampuan beladirinya dengan meraih juara III Poltek Cup 2019.

“Vakum saja dapat juara tiga, bagaimana kalau tekun dan serius pasti bisa juara satu,” kata Sabem Erni, sambil tersenyum.

Iwan Perwira, ayah dari Rafi, juga memberi motivasi kepada anaknya agar terus-menerus latihan, mengasah diri, mengasah kemampuan bela diri, agar bisa meraih prestasi lebih tinggi.

“Kalau kelak jadi atlit yang handal, tetaplah rendah hati,” ujar Iwan kepada Rafi. (met)

--------
Baca juga:

Krisda Putri, Karateka Cantik Peraih Emas Pertama Porda XVI Sulsel 

Emas Pertama Pinrang dari Judo 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply