iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » 25 Unit Rumah untuk Nelayan Kurang Mampu di Takalar


Pedoman Karya 12:27 AM 0


PERUMAHAN NELAYAN. Bupati Takalar, Syamsari Kitta, meninjau perumahan nelayan, di Dusun Papanambea, Desa Lagaruda, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Selasa, 14 Januari 2020. (ist)







-------
Rabu, 15 Januari 2020


25 Unit Rumah untuk Nelayan Kurang Mampu di Takalar



TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kabupaten Takalar membangun 25 unit rumah untuk nelayan kurang mampu, di Dusun Papanambea, Desa Lagaruda, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar.

Pembangunan rumah untuk nelayan kurang mampu tersebut masuk dalam Anggaran Tahun 2019 dan telah selesai pembangunannya. Bupati Takalar, Syamsari Kitta pun meninjau perumahan tersebut, Selasa, 14 Januari 2020.

Syamsari mengatakan, bantuan perumahan untuk nelayan kurang mampu tersebut diharapkan membuata para nelayan bisa mandiri, tidak lagi berpikir membangun rumah.

“Jadi uang yang mereka miliki untuk membangun rumah, bisa ditabung saja untuk membiaya hidup sehari-hari atau menambah aset lain seperti menambah empang baru,” kata Syamsari, yang dalam peninjauan tersebut didampingi oleh Plt Kepala Dinas PU Takalar Rusdi, Kadis Sosial dan PMD Takalar, serta Plt Dirut RSUD Padjonga Dg. Ngalle.

Mantan Anggota DPRD Sulsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjelaskan, pembangunan rumah nelayan tersebut satu paket dengan program strategis Pemkab Takalar untuk bedah rumah warga tidak mampu.

“Untuk tahun 2019, bukan bedah rumah lagi, tapi sudah dibangunkan langsung rumah untuk nelayan tidak mampu sebanyak 25 unit, yang anggarannya tergabung dari beberapa dinas. Juga ada tambahan dari kementerian sosial sebanyak 50 unit rumah yang anggaran perumahannya langsung ke rekening para nelayan miskin yang mendapatkan BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) sebanyak 545 pada tahun anggaran 2019,  bedah rumah 43 unit, ditambah bantuan dari desa,” tutur Syamsari.

Ia kemudian menugaskan kepada Dinas Sosial bersama Camat Sanrobone untuk memantau langsung bagi penerima bantuan dari Kementerian Sosial meski tidak diberikan secara simbolis. Itu semua, kata Syamsari, harus didata melalui Dinas PU untuk mengetahui berapa yang ditanggung dan itu akan menjadi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Tahun depan BSPS 1250 dan akan ditambah perumahan pada empat titik, yakni di Takalar Lama, Boddia, Desa Bontosunggu, dan Tamalate. Semua lahan Pemda akan dikerjasamakan untuk bangun perumahan nelayan,” kata Syamsari. (Hasdar Sikki)


-------
Berita terkait Nelayan Takalar:

Menteri ESDM Serahkan Bantuan kepada Nelayan Takalar

Petani dan Nelayan di Takalar Terima Bantuan Hand Sprayer dan Pukat

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply