Tinjau Abrasi Pantai di Takalar, Gubernur Sulsel Janji Serahkan Bantuan Tanggap Darurat


ABRASI PANTAI. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, didampingi Bupati Takalar, Syamsari Kitta, dan sejumlah pejabat, meninjau dua dari enam titik yang terkena dampak abrasi pantai yang cukup parah di Takalar, Selasa, 07 Januari 2020. (ist)






------------

Selasa, 07 Januari 2020


Tinjau Abrasi Pantai di Takalar, Gubernur Sulsel Janji Serahkan Bantuan Tanggap Darurat

-          Nurdin Abdullah: Masyarakat Tidak Usah Ragu
-          Anggaran Tanggap Darurat akan Diserahkan ke Bupati


TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, didampingi Bupati Takalar, Syamsari Kitta, dan sejumlah pejabat, meninjau dua dari enam titik yang terkena dampak abrasi pantai yang cukup parah di Takalar, Selasa, 07 Januari 2020.

Kedua titip yang ditinjau tersebut ialah di Desa Aeng Towa, Kecamatan Galesong Utara (Galut), dengan jumlah kepala keluarga terdampak sebanyak 380 kepala keluarga, serta di Desa Mappakalompo, Dusun Kassi Lompo, Kecamatan Galesong Selatan (Galsel).

Dua titik yang dikunjungi merupakan dua dari enam lokasi abrasi yang cukup parah. Empat titik lainnya yakni di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara dengan total 200  kepala keluarga yang terdampak, Desa Palalakang, Kecamatan Galesong dengan 350 kepala keluarga terdampak.

Selanjutnya di Kecamatan Galesong Selatan yakni di Desa Bontokanang dengan 100 kepala keluarga terdampak, Desa Mangindara dengan 30 kepala keluarga terdampak, serta Desa Lagaruda dan Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, dengan 1.100 kepala keluarga terdampak.

Sejumlah peralatan bantuan yang dibutuhkan warga, di antaranya pemecah ombak dan karung, penambah tinggi tanggul, bronjong, dan tanggul sungai.

“Kita bersama-sama Bupati, BNPB, DPRD, semua pengambil keputusan hadir disini. Tadi beberapa sudah kita eksekusi, seperti masyarakat minta bronjong jadi kita beri bronjong, sisa pemerintah daerah isinya,” kata Nurdin Abdullah, kepada wartawan seusai melakukan peninjauan.

Selain memberikan bantuan darurat, Gubernur Sulsel juga akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak akibat abrasi, termasuk rumah yang terseret ombak.

“Saya kira susah diantisipasi, karena memang ini cuaca yang sangat ekstrim. Gak usah ragu masyarakat, karena kita hadir,  hadir juga sosial, BPBD, sebentar lagi saya tinggal tunggu datanya semua kerusakan rumah yang diambil ombak. Kita punya anggaran tanggap darurat,  nanti kita serahkan ke Pak Bupati,” kata Nurdin.

Selain memberikan bantuan, Gubernur Sulsel juga menyampaikan bahwa saat ini Balai Pompengan Jeneberang sedang mendesain untuk penanganan abrasi di pesisir Pantai Galesong, dengan menggunakan dana APBN, sehingga tahun depan diharapkan tidak terjadi lagi abrasi yang parah seperti ini.

Sementara itu, Bupati Takalar Syamsari Kitta menyampaikan bahwa kehadiran Gubernur Sulsel dirasakan sangat membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan abrasi di Takalar.

“Dengan kehadiran Bapak Gubernur ini, kami berterima kasih. Ini sangat membantu pihak pemerintah daerah untuk penanggulangan abrasi yang semakin parah dari tahun ke tahun. Semoga tahun depan abrasi ini dapat diminimalisir, apalagi dengan rencanan pembangunan untuk penanggulangan abrasi,” kata Syamsari. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama