Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» »Unlabelled » Remaja Untuk Hari Ini Dan Esok Hari


Pedoman Karya 2:31 AM 0

PEDOMAN KARYA
Senin, 17 Februari 2020

OPINI:


Remaja Untuk Hari Ini Dan Esok Hari


Oleh: Habibi
(Penyuluh KKBPK/Ketua IPeKB Parepare)


Bila kita menengok sekitar kita, keseharian kita, secara sadar atau tidak sadar, banyak hal yang mengangkat tema mengenai remaja. Pertanyaan yang berikutnya muncul di kepalakita adalah kenapa ya?

Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan remaja di Indonesia dari tahun ke tahun memiliki jumlah yang besar. Tuntutan sekarang ini remaja harus berkarakter dan berkualitas, karena remaja yang punya karakter dan berkualitas akan menjadi modal pembangunan Negara.

Sebaliknya remaja yang tidak berkarakter dan berkualitas justru menjadi beban bagi negara. Selain itu remaja juga banyak menjadi inspirasi dan pelaku utama yang berpengaruh dalam perkembanagan trend. Siapa yang tidak kenal agnes Monica (tokoh anak remaja  inspiratif 2010) pada zaman itu merupakan salah satu artis top Indonesia, menjadi salah satu pembawa acara karpet merah ajang penghargaan  tahunanAmerican Music award di los angles menggunakan busana bermotif  batik kebaya sesekali menggunakan  bahasa indonesia. agnes berkarya sejak usianya masih kecil (6 tahun) agnes memulai karirnya sebagai penyanyi cilik. di sekolah bahkan selalu mendapatkan beasiswa karena merupakan siswi berprestasi  meskipun disibukkan dengan aktivitas luar sekolah.
Di masa depan, menurut prediksi  BKKBN, kesempatan berkembang secara nasional sangat terbuka lebar karena jumlah anak remaja yang besar. Lalu apa hubunganya dengan kita (orang tua, keluarga, pemerintah).  Sebagai remaja patut memikirkan dan mempersiapkan hal tersebut  dari sekarang. Jika tidak,peluang tersebut akan hangus karena ketidakpedulian dan persiapan yang matang untuk kesempatan bagus tersebut. Kesempatan itu dapat dimenangkan dengan baik jika kita memiliki remaja yang berkualitas dalam segala bidang dari sekarang.
Banyak ide kreatif yang muncul dari anak remaja, seperti gaya berpakaian aktivitas yang semakin bervariasi, gaya hidup. hal tersebut tentunya memiliki efek yang baik dalam perkembangan kehidupan sehari hari seperti ekonomi kreatif lapangan pekerjaanserta membuat hidup berwarna dengan segala pilihan yang ada dan sebagainya. Jika tidak kesempatan bagus itu kemudian akan berubah menjadi bencana di kemudian hari karena Indonesia kemudian akan menghadapi peningkatan pesat pada kelompok usia lanjut lalu apa berisikonya?.
Dengan adanya tersebut  maka dibutuhkan persiapan yang sangat baik dibidang kesehatan, pendidikan, pangan bagi remaja untuk dapat menaganinya pertanyaanya” kalau bukan kita lalu tanggung jawab siapa?” itu kita berbicara masa depan , coba kalau kita kembali ke masa kini. Bila berkaca dari keseharian kita melihat  banyaknya tingkah laku anak remaja dari berbagai kalangan baik kalangan artis maupun kalangan berpendidikan bahkan lebih lebih anak remaja yang putus sekolah yang terjebak dalam tindakan beresiko untuk kehidupannya. Hal tersebut tentunya juga berpengaruh untuk masa depan kita karena mereka adalah bagian dari kita tindakan tersebut seperti pernikahan dini, perilaku seksual beresiko, merokok, alcohol, balapan liar, narkoba, game online dengan jumlah yang sangat memprihatinkan. Karena hal tersebut berkaitan dengan pemahaman bahwa remaja adalah masa mencari identitas dimana remaja sedang aktif mencoba segala sesuatu yang ada dilingkungannya dan mudah terpengaruh.
Perilaku beresiko sebenarnya  bukan tantangan pada masa kini saja, akan tetapi mereka juga berkembang seiring waktu  bersama sama dengan kita yang berjuang mempersiapkan masa depan. Jadi kita semua harus siap untuk sukses dan membangun Indonesia di tahun yang akan datang, apa yang harus dilakukan?
Kepedulian dan kepekaan terhadap tantangan yang ada, menghindari dan mempersiapkan diri sebaiknya dengan mencari dan mengenali mimpi, minat, cita cita dan kemampuan sejak hari ini mari remaja kita berencana karena berencana itu keren.


.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply