Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » » » » Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam di Pantai Bira Bulukumba


Asnawin Aminuddin 4:58 PM 0


Foto-foto: Ahriyanti Hamid


----

PEDOMAN KARYA 

Senin, 09 November 2020



Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam di Pantai Bira Bulukumba


Sore itu, beberapa orang yang tengah menghadiri acara keluarga di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, tiba-tiba merasa sangat ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Bira.

Keinginan itu begitu kuatnya sampai-sampai mereka pun nekad berangkat ke Bira dengan mengendarai sebuah mobil Terrios, padahal waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 16.00 Wita, dan jarak yang harus ditempuh kurang lebih 30 kilometer.



Dan mereka pun tidak berencana menginap. Mereka akan langsung pulang setelah menikmati pemandangan dan suasana, padahal perjalanan dari Kajang ke Pantai Tanjung Bira ditempuh lebih dari satu jam.

Alhasil, mereka pun tiba di Pantai Bira sekitar pukul 17.30 Wita. 

Untuk masuk ke area lokasi wisata Pantai Tanjung Bira, mereka harus membayar Rp100 ribu di pintu gerbang.

Petugas di pintu gerbang menghitung jumlah orang yang ada di dalam mobil yakni sebanyak enam orang, dan kemudian menyebutkan angka Rp100 ribu sebagai pembayaran tiket masuk.

Namun ternyata petugas jaga di pintu gerbang tidak memberikan karcis masuk sebagaimana mestinya. 

Petugas jaga hanya mempersilakan rombongan tersebut masuk, dan rombongan pun tidak ambil peduli dengan ulah petugas yang tidak memberikan karcis, padahal potongan karcis akan menjadi laporan pemasukan kas daerah dari sektor pariwisata.




Rombongan tersebut tidak peduli dengan karcis masuk yang tidak diberikan oleh petugas, karena mereka memang ingin menikmati kegembiraan, ingin menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset), dan ingin menikmati suasana di Pantai Tanjung Bira.

Maka mereka pun berjalan ke bibir pantai yang pasirnya halus dan selalu terasa sejuk, lalu membaur bersama pengunjung lainnya. 

Tentu saja mereka tak ingin suasana dan pemandangan indah itu berlalu begitu saja, karena itulah mereka berfoto-ria dan berswafoto.

Ahriyanti Hamid yang ikut dalam rombongan kecil itu, dengan nalurinya sebagai forografer amatir, bukan hanya berfoto-ria, melainkan juga mengabadikan beberapa momen menarik, antara lain suasana pengunjung dan pemandangan matahari terbenam.

Matahari terbenam atau sunset adalah waktu dimana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat. 

Warna merah di langit pada waktu matahari terbenam dan terbit disebabkan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan tingkat kepadatan atmosfer bumi.

Dan inilah tiga foto menarik hasil jepretan Ahriyanti Hamid, di Pantai Tanjunh Bira, Bulukumba, Ahad sore, 08 November 2020. (Asnawin Aminuddin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply