Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Semua Kelurahan di Takalar Punya Bank Sampah


Asnawin Aminuddin 9:39 PM 0


BANK SAMPAH. Camat Pattallassang, Bahctiar Hasyim, memimpin acara Sosialisasi Penanggulangan Sampah, di Kantor Lurah Pattallassang, Sabtu, 07 November 2020. (ist)



-----

Ahad, 08 November 2020



Semua Kelurahan di Takalar Punya Bank Sampah



TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Semua kelurahan di Kabupaten Takalar memiliki minimal satu bank sampah. Itulah program yang dicanangkan Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

Program "Satu Kelurahan Satu Bank Sampah" itu merupakan kelanjutan dari program Gerakan Masyarakat Tangkasa na Gammara yang disingkat Gematasamara. 

Tentu saja tidak mungkin bagi Pemkab Takalar mewujudkan hal secata serentak pada seluruh kelurahan. Karena itulah, Pemkab Takalar mengawalinya dengan melakukan sosialisasi dan mewujudkannya secara keseluruhan pada seluruh kelurahan di Kecamatan Pattalassang, sebagai kecamatan ibukota kabupaten. 

Sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Lurah Pattallassang, Sabtu, 07 November 2020, yang diikuti imam kelurahan, Kepala Lingkungan, dan tokoh masyarakat, yang dilanjutlan dengan pembagian alat cuci tangan untuk lima masjid di Kelurahan  Pattalassang. 

"Alhamdulillah bersama Bapak Bupati, lurah, imam kelurahan, dan kepala lingkungan, kita melakukan sosialisasi penanggulangan sampah sekaligus menggalakkan program satu kelurahan satu bank sampah ini," jelas Camat Pattalassang, Bachtiar Hasyim.

Program "Satu Kelurahan Satu Bank Sampah", katanya, dilaksanakan dengan cara sampah yang masih layak untuk didaur ulang dikumpulkan pada satu pengepul. 

Kemudian Bank Sampah yang sekretariatnya berada di Pasar Pattalassang, akan membeli sampah dari pengepul dan dijual kembali ke Makassar. 

Selain mengurangi sampah, program ini juga diyakini mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan masyarakat yang peduli karena sampah yang dikumpulkan bernilai ekonomi. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif sebagai nasabah bank sampah ini. Dan seluruh lurah di kecamatan Pattalassang, saya instruksikan untuk bekerjasama dengan ketua bank sampah dalam hal penanganan sampah," kata Bachtiar. (Hasdar Sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply