Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Kisah Ulama yang Tergoda Harta dan Kedudukan


Asnawin Aminuddin 1:51 PM 0

 


Nabi Musa pernah mengirim salah satu muridnya, yakni Bal'am bin Ba'ura untuk berdakwah dan menyebarkan agama Allah di Negeri Madyan.  (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)



--------

PEDOMAN KARYA

Rabu, 02 Desember 2020


KALAM



Kisah Ulama yang Tergoda Harta dan Kedudukan



Nabi Musa pernah mengirim salah satu muridnya, yakni Bal'am bin Ba'ura untuk berdakwah dan menyebarkan agama Allah di Negeri Madyan. 

Tiba di Negeri Madyan, Bal'am bin Ba'ura disambut dengan baik oleh Raja Madyan. 

Ia disediakan tempat tinggal yang baik, lengkap dengan perabot rumah tangga dan seorang pembantu, dan dipersilakan istirahat beberapa lama sebelum melaksanakan tugas dari Nabi Musa.

Sayangnya, godaan harta dan kedudukan membuat Bal'am bin Ba'ura lupa diri. Ia lupa tugas yang diberikan Nabi Musa. Ia bahkan mengikuti agama yang dianut oleh Raja Madyan.

Ia tetap diposisikan sebagai ulama, tapi bukan lagi ulama yang berdakwah dan menyebarkan agama Allah, melainkan mengikuti agama yang dianut Raja Madyan

Ia yang seharusnya berdiri sejajar bahkan lebih tinggi derajatnya dibandingkan raja, justru berubah menjadi ulama yang mengikuti keinginan raja.

Maka jadilah ia seperti anjing penjaga rumah, disuruh apa saja selalu menjulurkan lidah dan mengikuti dengan setia segala perintah tuannya. 

Kisah dan perumpamaan ini diabadikan Allah dalam Al-Qur'an, Surah Al-A'raf, ayat 175 - 176. (Asnawin Aminuddin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply