Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Dalam Sehari Terjadi Dua Kebakaran di Polsel Takalar


Asnawin Aminuddin 3:21 AM 0

Kebakaran di Lingkungan Canrego, Kelurahan Canrego, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, menimpa rumah Iskandar Dg Ngeppe, Senin, 18 Januari 2021. (ist)


 




------------

Selasa, 19 Januari 2021

 

 

Dalam Sehari Terjadi Dua Kebakaran di Polsel Takalar

 

 

-         Pagi di Kelurahan Canrego, dan Malam di Kelurahan Rajaya

-         Seorang Nenek Tua Meninggal Dunia

-         Puluhan Personil Brimob dari Makassar Bersihkan Puing-puing Kebakaran

 


Bantuan kepada korban kebakaran 
di Lingkungan Barugaya, Kelurahan Rajaya, berdatangan dari Dinas Sosial Kabupaten Takalar, Kapolsek Polsel, Danramil Polsel, Tim Kesejahteraan Sosial Kemensos (TKSK) Polsel, dan Kelompok Tangan Di Atas, serta Pemerintah Kelurahan Rajaya, serta beberapa elemen masyarakat lainnya. (ist)



TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Dalam sehari, Senin, 18 Januari 2021, terjadi dua kebakaran di Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Kabupaten Takalar.

Kebakaran pertama terjadi pada Senin pagi, sekitar 07.30 Wita, di Lingkungan Canrego, Kelurahan Canrego, sedangkan kebakaran kedua terjadi pada Senin malam, sekitar pukul 22.00 Wita, di Lingkungan Barugaya, Kelurahan Rajaya.

Kebakaran di Kelurahan Canrego menimpa rumah Iskandar Dg Ngeppe, sedangkan tuan rumah tidak menyadarinya. Kebakaran itu pertama kali diketahui oleh Tauhid Dg Rala, anak dari Dg Ngeppe, yang tinggal bersebelahan rumah dengan Dg Ngeppe.

Melihat asap membubung disertai kobaran api dari plafon rumah orangtuanya, Dg Rala langsung berteriak meminta tolong kepada para tetangga, sekaligus memberitahukan bahwa di dalam rumah yang terbakar itu, ada tiga orang yang harus diselamatkan yaitu ayahnya dan dua orang kemenakannya.

Mendengar teriakan dan pemberitahuan itu, para tetangga pun langsung berdatangan melakukan pertolongan sebisanya.

Salah seorang tetangga, yakni Safri Wahid Ranggong Kr Romo, juga langsung membantu dengan menghubungi pihak Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, dan hanya sekitar sepuluh menit kemudian, lima unit mobil Damkar pun sudah berada di lokasi kejadian.

Petugas Damkar pun dengan segera melakukan penyemprotan sehingga api yang sudah terlanjut berkobar pun dapat dijinakkan, sehingga hanya rumah Dg Ngeppe yang terbakar habis, sedangkan rumah tetangganya di sisi kiri dan di sisi kanan masih terselamatkan.

Rumah di sisi kiri yaitu milik Tauhid Dg Rala, sedangkan rumah di sisi kanan adalah milik Dg Tola.

Pada Selasa siang, 19 Januari 2021, sekitar 30 orang aparat polisi dari Brimob Pabbaeng-baeng Makassar datang ke lokasi kejadian membantu membersihkan sisa-sisa puing kebakaran.

Lurah Canrego, Andi Jemma, yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan sangat berterima kasih, utamanya kepada Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Takalar, atas kesigapan dalam menangani kebakaran, serta Dinas Sosial yang memberikan bantuan Sembako, dan uang tunai alakadarnya untuk meringankan beban korban.

 

Kebakaran di Rajaya

 

Pada Senin malam, 18 Januari 2021, juga terjadi kebakaran di Lingkungan Barugaya, Kelurahan Rajaya. Kebakaran menimpa rumah milik seorang perempuan bernama Dg Kebe, usia 71 tahun.

Saat terjadi kebakaran, Dg Kebe sedang tidak berada di dalam rumahnya, melainkan di rumah anaknya yang bersebelahan rumah. Pada Selasa siang, 19 Januari 2021, Dg Kede yang memang sudah sakit-sakitan akhirnya meninggal dunia.

Pada saat terjadi kebakaran, empat unit mobil Damkar langsung datang dan dengan cepat menjinakkan api sehingga kobaran api tidak menjalar ke rumah tetangga.

“Daeng Kebe sudah lama menjanda karena suaminya meninggal dunia, dan dia tinggal bersama cucunya. Dia memang sudah sakit-sakitan, tapi dia meninggal dunia mungkin karena kaget, bukan karena terkena kobaran api,” kata Lurah Rajaya, Muhammad Nur.

Dia mengatakan, bantuan kepada korban kebakaran berdatangan dari Dinas Sosial Kabupaten Takalar, Kapolsek Polsel, Danramil Polsel, Tim Kesejahteraan Sosial Kemensos (TKSK) Polsel, dan Kelompok Tangan Di Atas, serta Pemerintah Kelurahan Rajaya, serta beberapa elemen masyarakat lainnya.

Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Takalar, Muhammad Said, yang dihubungi via telepon mengatakan, dirinya sendiri yang langsung memimpin personil Damkar saat melakukan pemadaman kebakaran di Kelurahan Canrego dan Kelurahan Rajaya.

“Saya yang memimpin langsung personil Damkar saat melakukan pemadaman kebakaran, baik di Canrego maupun di Rajaya,” kata Muhammad Said. (Hasdar Sikki)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply