Kepala BKKBN Sulsel Puji Bupati Bulukumba


SEJUTA AKSEPTOR. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ritamariani (ketiga dari kiri) menyerahkan piagam dari Kepala BKKBN Pusat kepada Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali (kedua dari kanan), di Ruang Pola Kantor Bulukumba, Kamis, 14 Januari 2021. (ist)


----+

Kamis, 14 Januari 2021



Kepala BKKBN Sulsel Puji Bupati Bulukumba



- Bulukumba Terima Penghargaan Layanan KB Sejuta Akseptor


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ritamariani, memuji Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, yang berhasil melaksanakan dengan baik Program Sejuta Akseptor Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2020.

Pujian itu ia kemukakan saat mewakili Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) Pusat, Dr dr Hasto Hardoyo, menyerahkan penghargaan kepada Bupati Bulukumba, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 14 Januari 2021.

Andi Ritamariani mengatakan, Bulukumba adalah salah satu daerah memiliki kinerja yang bagus dalam layanan Keluarga Berencana, terbukti mampu melewati target dalan program Sejuta Akseptor yang digelar serentak se-Indonesia di 34 provinsi.

"Banyak kabupaten dan kota yang tidak memenuhi target, ada yang hanya mencapai 70 persen, tapi Bulukumba malah mampu melewati target yang telah ditentukan sebelumnya," ungkap Ritamariani.

Ia mengaku Kamis pagi mendatangi Kantor DPPKB Bulukumba untuk mengecek kesesuaian laporan bulanan dengan fakta di lapangan, termasuk mengecek gudang alat kontrasepsi yang ia nilai bagus dan bersih.

"Laporannya sesuai, dan gudang yang saya cek juga bersih," puji Ritamariani.

Ritamariani menepis anggapan bahwa BKKBN itu tidak hanya mengurus kondom atau alat kontrasepsi. Ia mengatakan lebih dari itu untuk membangun keluarga yang berkualitas.

"BKKBN memiliki program Bangga Kencana atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, yang bertujuan mengarahkan agar keluarga mempunyai rencana berkeluarga, punya anak, pendidikan dan sebagainya, sehingga akan terbentuk keluarga-keluarga berkualitas," tutur Ritamariani.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali seusai menerima piagam penghargaan mengatakan, keberhasilan dari kegiatan pelayanan KB Sejuta Akseptor di Kabupaten Bulukumba tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) seperti PLKB dengan Puskesmas, IBI, TP PKK, dan Kodim 1411 Bulukumba.

"Peran penyuluh KB sangat penting, karena dalam situasi pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan tinggal di rumah, sehingga sangat rentan terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Akibat pandemi, bisa-bisa terjadi ledakan penduduk," kata Sukri.

Atas penghargaan yang diterima tersebut, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para petugas lapangan, para stakeholder atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mendukung program pengendalian penduduk dan KB di Kabupaten Bulukumba. (dar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama