Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Gowa Pernah Peringkat 21 Nasional


Asnawin Aminuddin 7:49 PM 0


BIMBINGAN TEKNIS. Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni.l, memberikan sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu, 03 Februari 2021. (ist)


 



----

Kamis, 04 Januari 2021

 

 

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Gowa Pernah Peringkat 21 Nasional

 

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Gowa pernah menempati peringkat 21 tingkat nasional, tepatnya pada tahu  2017. Khusus tingkat Provinsi Sulsel, Gowa menempati peringkat ketiga.

“Tahun terakhir, penetapan peringkat kinerja oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten gowa berada pada peringkat 3, sedangkan pemerintah pusat mengapresiasi dengan peringkat 21 secara nasional dengan skor 3,2412 pada hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2017,” ungkap Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni.

Hal itu ia ungkapkan pada pembukaan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu, 03 Februari 2021.

Abdul Rauf mEngatakan, penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Gowa telah berjalan sesuai dengan semangat perubahan, berdasarkan paradigma baru yang berkembang, yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang berazaskan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas.

Dia mengungkapkan, walaupun nilai Kabupaten Gowa sudah termasuk dalam kategori sangat tinggi, namun masih terdapat selisih beberapa angka dari peringkat pertama nasional. 

Karena itulah, katanya, kegiatan Bimtek Penyusunan LPPD menjadi sangat penting untuk menyamakan persepsi para pimpinan SKPD masing-masing penanggungjawab urusan untuk menyediakan data indikator yang lebih berkualitas dan maksimal.

“LPPD ini merupakan dasar evaluasi pemerintah terhadap pelaksanaan pemerintahan daerah sekaligus sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” kata Rauf.

Ia berharap penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Gowa bisa bersaing dengan Kabupaten/kota lainnya yang ada di Indonesia bahkan menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

“Dengan pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini dapat menjadi bahan bagi setiap SKPD penanggung jawab urusan dapat menyesuaikan kembali data indikator kinerja outcome dan indikator kinerja output yang telah dimasukkan sehingga nilai capaian LPPD Kabupaten Gowa mampu bersaing dengan kabupaten lainnya dan Kabupaten Gowa mampu bersaing meraih peringkat terbaik pada tingkat nasional,” tutur Rauf.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulawesi Selatan, Andi Aslam Patonangi. Dirinya juga berharap  penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Gowa menjadi yang terbaik.

Menurut mantan Bupati Pinrang dua periode ini, Kabupaten Gowa punya modal dengan sistem pemerintahan yang sudah berjalan dengan baik. Apalagi menurutnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berkepentingan dengan hal tersebut.

“Bahwa daerah ini sudah tidak ada kurangnya, pembangunan dari semua aspek sudah berjalan dengan baik. Baik fisik maupun yang non fisik. Baik yang berkaitan urusan pemerintahan pelayanan dasar maupun non pelayanan dasar,” kata Aslam.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Zubair Usman dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu 3-4 Februari 2021.

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dan diikuti para local contact penyedia data LPPD selaku peserta bimbingan teknis penyusunan LPPD di setiap SKPD lingkup Pemkab Gowa,” jelas Zubair.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsina, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulsel Hasan Basri Ambarala, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan SKPD, dan camat lingkup Pemkab Gowa. (jar)

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply