Pemkab Garut “Berguru” ke Gowa Soal Perda Kepemudaan

BERGURU. Kadispora Garut Basuki Eko, Kadispora Gowa Fajaruddin, serta pengurus KNPI Garut dan pengurus KNPI Gowa foto bersama di depan Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Jumat, 26 Maret 2021. (ist)

 




--------- 

Jumat, 26 Maret 2021

 

 

Pemkab Garut “Berguru” ke Gowa Soal Perda Kepemudaan

  

-         Atas Permintaan KNPI Garut

 

 

GARUT, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Provinsi Jawa Barat, menyatakan tertarik mengadopsi kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa terkait Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

“Kami ke sini berdasar permintaan dari KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Garut. Sebenarnya kami mau ke daerah lain, tapi katanya Kabupaten Gowa ini bagus dalam pelibatan kepemudaannya. Jadi tidak salah kami berguru ke sini,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Basuki Eko.

Hal itu ia ungkapkan saat ia bersama jajarannya dan pengurus KNPI Garut berkunjung ke Gowa dan diterima oleh Bupati Gowa diwakili Kadispora Gowa, Fajaruddin, serta pengurus KNPI Gowa, di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Jumat, 26 Maret 2021.

Basuki Eko mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Gowa untuk melakukan studi banding terkait pelayanan kepemudaan. Apalagi kata Basuki Eko Kabupaten Gowa ini merupakan kabupaten yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan, dan juga sudah mendapatkan pengakuan sebagai Kabupaten Layak Pemuda (KLP).

Ia berharap ada inovasi pelayanan kepemudaan yang bisa diterapkan di Kabupaten Garut, termasuk akan menyusun Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan

“Kita juga ingin mengetahui inovasi kepanduan apa yang dilakukan, sehingga berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Pemuda. Apa yang harus kami persiapkan agar bisa mendapat predikat Kabupaten Layak Pemuda,” kata Basuki yang didampingi Ketua DPD KNPI Kabupaten Garut, Deni Rahmat

Kadispora Kabupaten Gowa, Fajaruddin, dalam sambutan penerimaannya mengatakan, perhatian Pemerintah Kabupaten Gowa kepada pemuda cukup besar, karena Bupati Gowa saat ini, Adnan Purichta Ichsan, juga merupakan representasi dari pemuda.

“Konsistensi Pak Bupati melakukan pemberdayaan pemuda juga berpengaruh untuk mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda. Kami dapat mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda Kategori Utama pada tahun 2018,” sebut Fajar yang didampingi Ketua KNPI Gowa, Alumnus Zainuddin.

Selain itu, untuk mendapatkan KLP, Fajar menyebutkan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti regulasi kepemudaan. Saat ini Kabupaten Gowa sudah memiliki Perda dan Peraturan Bupati tentang Kepemudaan.

Tak hanya itu, pemuda di Kabupaten Gowa juga selalu dilibatkan dalam pembangunan, salah satunya dengan mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemuda untuk mendengarkan saran, keinginan, dan aspirasi para pemuda di Kabupaten Gowa.

“Kami juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan kepemudaan, seperti sekretariat KNPI, asrama mahasiswa, panggung demokrasi, gedung pertemuan dan fasilitas olahraga yang ada di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf,” rinci Fajar.

Dia berharap hasil kunjungan Pemkab Garut dan pengurus KNPI Garut bisa bermanfaat untuk menjadikan Kabupaten Garut mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda. Dirinya juga berharap agar silaturrahim Kabupaten Gowa dan Kabupaten Garut bisa tetap terjalin dengan baik. (yayat)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama